SLIDER

Monday, November 18, 2013

Jisok - Jogja 150K event kumpul pesepeda lipat

Seperti saya pernah tulis sebelumnya orang sepedaan itu suka bikin event terutama para penggila seli, setelah sebelumnya ada event besar Jamselinas 3 di Bandung, untuk mengobati rasa kangen untuk gowes di Jogja maka digodoklah acara gowes bareng di Jogja setelah mencari hari dan tanggal yang tidak berbenturan maka dipilihlah tanggal 9-10 untuk gowes bareng bersama di Jogja. Naah karena bertepatan dengan hari pahlawan maka event pun dibuat dengan teman mengenang semangat pahlawan untuk gowes sepanjang 150km dan event pun dikelola oleh komunitas ILT (I love Turing) yang berada dibawah naungan IDFB yaah namanya aja I love Turiing pasti jaraknya juga ga akan pendek :p. Dan event pun di beri judul J150K (Jogja 150 km atau dibaca Jisok) yang diselenggarakan di jogja selama 2 hari yaitu tanggal 9 - 10 november. Event ini pun difloorkan dan bersifat terbuka bagi siapapun yang ingin bergabung, baik dari komunitas maupun perorangan. Alhasil hingga pada hari H tercatat pendaftar hingga 200 lebih peserta dari berbagai komunitas dan kota. Well meski aku kurang menikmati gowes bareng dengan skala event nasional dengan jarak yang lumayan wooow dengan alasan aku pasti tidak akan bebas mengeksplor trek dan tempat - tempat yang disusuri juga narsis :p . Namun karena telah berjanji dengan teman lama yaitu Evie yang sudah lama tidak bertemu dan dia menodong jika aku ikut maka dia juga akan ikut :D maka aku pun memutuskan untuk ikut, begitu juga teman - teman dari surabaya yang sudah lama tidak bertemu. Dan berjanji pada evie untuk menemaninya gowes ke solo setelah event maka akupun membujuk cipluk untuk juga bergabung pada event ini. Dan untunglah gayung bersambut akhirnya cipluk bersedia bergabung mengikuti event ini, pada hari kamis cipluk tiba di solo dari kudus.

Malam ini kita beristirahat saja tanpa NR dan hanya menghabiskan waktu untuk berbincang dan bercerita. Jumat pagi tanggal 8 Novemmber kita berencana untuk bersepeda ke Jogja, tapi karena dua minggu sebelumnya saya mengikuti pelatihan dan baru pulang hari rabu maka aku meminta cipluk kita tidak perlu berangkat terlalu pagi, cipluk pun setuju karena dia juga ingin beristirahat dari perjalanan kudus - solo nya. Alhasil kitapun baru meninggalkan rumah pada pukul 11 pagi.

Seperti biasa rute yang kita tempuh adalah baki - pakis - klaten ketika memasuki klaten cuaca sangat panas dan terik kitapun gowes dengan santai. Ketika memasuki prambanan kita berhenti sebentar di warung dawet dan akhirnya setelah panas terik hujan pun mengguyur ketika kita sedang menikmati es dawet. Meski sempat berhenti sebentar namun hujan kembali mengguyur kitapun gowes dengan bermantel ria hingga memasuki kota jogja. Tiba di Jogja kitapun langsung menuju penginapan yang telah dibooking ms.nana yaitu di Lekker Je penginapan yang dimiliki oleh teman pesepeda dari Jogja yaitu om Pri (sayangnya om Pri sedang di Jakarta menemani Ibunya yang sakit dan setelah event Ibu Om pri meninggal semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan ).

Di penginapan kitalah yang tiba lebih dulu, sambil menunggu rombongan yang akan tiba nanti malam kita pun isitrahat saja di penginapan karena masih hujan kita tidak melanjutkan niat untuk putar - putar Jogja. Pagi hari saat start point para peserta dibagi dalam beberapa kelompok, namun karena malas untuk kumpul di start point, kita pun menunggu di bunderan UGM untuk menunggu rombongan yang lain dan kelompok kita yang lewat. Etape 1: Edu hostels -Jl.Tentara pelajar - Jl.Diponegoro - Jl.Sudirman - Jl.Cik Di Tito - Jl.Colombo -Jl.Gejayan - Kampus Sadhar - Santren -Selokan Matatam - Ringroad Maguwo - Candi Prambanan/Plaosan - Jl.Prambanan Manisrenggo - Sta.Prambanan - Jl.Prambanan Piyungan - Berbah - Jl.Wiyoro - Pleret - Wukirsari - Makam Imogiri ±60km Pada rute pertama ini karena ada beberapa peserta dari Jakarta yang baru tiba diJogja maka ada beberapa rute yang diskip agar tidak tertinggal terlalu jauh. Kelompok kita sempat berhenti lama karena ada teman yang sepedanya bocor maka kitapun menunggu saat penggantian ban.

Tiba di warung pecel imogiri kita pun beristirahat dan menikmati pecel namun karena perut saya yang mulas dan tidak bisa ke toilet maka saya pun tidak bisa menikmati pecelnya :(. Setelah selesai makan kita pun melanjutkan rute kedua yaitu Etape 2: Makam Imogiri - Jembatan Gantung Selopamioro - Jl.Siluk Imogiri - Jl siluk parangtritis - Jembatan Gantung Soka - pundong - barongan - tembi -Sewon - Waroeng Pohon (lunch break) ±42km pemandangan pada rute kedua ini mengingatkan pada pemandangan didaerah wonogiri, pracimantoro dan pacitan :D. Banyak para peserta yang berhenti untuk narsis berphoto ria. Ketika memasuki arah parangtritis yang sedikit banyak tanjakan para peserta berceceran, sehingga aku dan ms. Nana hanya gowes berdua karena banyak yang tertinggal, kita yang hanya berdua pun mengandalkan kemampuan mencari jejak untuk mengikuti rute menuju warung pohon, setibanya di jalan parangtritir, sekitar beberapa ratus meter dari checkpoint, kita dipaksa truk phaskas untuk loading (hadeeh alasanya waktu sudah habis padahal teman - teman yang lain dibelakangn masih banyak :S bete!!). Di checkpoint ini saya tidak menikmati makanan yang disediakan karena masakanya adalah ayam opor (perut saya tidak kuat santan :p).

Setelah makan dan istirahat beberapa peserta kembali melanjutkan perjalanan dengan bersepeda beberapa loading ke truk, sayang ban belakang pockie bocor :( untunglah evie yang memutuskan untuk loading mau bertukar sepeda :D asyiik sehingga meski pockie di loading saya masih bisa tetap melanjutkan bersepeda dengan si kumkum seli b2w kuning milik evie yeeeaaah enaak sekali :D . Kita pun tiba di edu hostel hampir berbarengan dengan truk yang membawa para loadingers :p . Dan di edu sudah banyak peserta yang narsis di podium. Untuk dikalungkan medali .

Setelah selesai bernarsis kita kembali ke lekker je sambil menuntuku pockie mencari tambal ban. Malam harinya kita mendapat undangan untuk makan sate klatak di penginapan teman - teman bikeberry tapi karena menamani ms. Nana yang tidak mau keluar sayapun hanya tinggal di penginapan. Cipluk dan teman - teman yang lain yang mengikuti acara malam.