SLIDER

Friday, August 21, 2015

Dolan Semarang Gowes Mblusuk ke Pantai Tirang



Seperti yang telah saya tulis sebelumnya bahwa Semarang adalah kota pesisir pantai utara maka semarang mempunyai garis pantai dengan gelombang laut yang tidak terlalu besar, juga panjang sebetulnya, namun karena kurang perhatian akan potensi wisata pantai maka banyak beberapa pantai yang memang akses nya sulit. Mungkin banyak yang belum tahu mengenai salah satu pantai lagi yang ada di semarang, setelah kita berburu pantai Cipta dan Pantai Baruna. Maka Jumat kemarin kembali kita gowes blusukan dan Narsis mencari pantai Tirang.  Sebetulnya pantai Tirang ini terletak tepat di seberang pantai Maron yang terletak di belakang Bandara, namun terpisah oleh sungai dan tidak ada akses jembatan maupun perahu untuk menuju Pantai Tirang dari pantai Maron. Satu - satunya akses menuju pantai tirang adalah dari Graha Padma. 


menuju Graha Padma

graha padma
Gerbang Perumahan Graha Padma Sendiri terletak di Jalan Hanoman, tepatnya kalau dari semarang menuju arah Jakarta atau Jalan Siliwangi, setelah bunderan KaliBanteng kira - kira 400 meter di kanan Jalan akan ada Baliho Besar Perumahan Graha Padma. Masuk saja ke area perumahan, setelah tiba di bunderan maka belok kiri, tiba di bunderan lagi lurus aja, sampai di perempatan kita belok kanan dan lurus terus, atau cari saja Jalan Edenia Raya (well kalau bingung tanya saja orang sekitar biasanya tahu kok, kalau ilang ya muter muter aja masih di kawasan perumahan ini :p ). 

LA ??

jalan kecil setelah edenia raya


jembatan penghubung
 

jembatan nya seadanya
Setelah melewati Jalan Edenia Raya, kita akan tiba di jalan kecil yang akan membawa kita ke kawasan Mangrove, nanti akan ada tulisan "Pantai" kita harus melewati Jembatan dari Kayu dan bambu, satu - satunya akses yang menghubungkan antara Graha Padma dengan Jalan ke Pantai Tirang, motor sih bisa Lewat Cuma kalau mobil udah pasti Ga bisa, so harus berhenti parkir dan jalan kira - kira 2.5 km lagi. Setelah melewati Jembatan jalanan berupa tanah dan bebatuan dengan diapus sungai dan hutang mangrove. Pada saat musim kemarau seperti ini tentu cukup berdebu, namun pemandanganya asyik buat yang suka hunting foto. 

jalan menuju pantai tirang


pantai tirang

pantai Tirang


Dan setelah menyusuri jalan kita akan tiba di panta Tirang wolaaaa .. Masih ada pasir pantainya kan??? Pasir pantai Tirang berwarna hitam, namun sebetulnya sangat halus, garis pantainya lumayan panjang, di kawasan lepas pantai sepertinya banyak keramba - keramba dari para nelayan.  Menikmati pantai Tirang memang lebih enak di pagi atau sore hari. Saat matahari belum terlalu terik. 

dermaga di pantai tirang


Pantai Tirang


maaf narsis
Oiya jika kalian main ke pantai tirang jangan lupa bawa bekal ya, karena di hari biasa tidak ada warung dan penjual yang menjajakan makanan. Berbeda dengan pantai Maron dan Marina. 

Jika pemkot semarang saja tidak memperhatikan potensi wisata pantainya maka bisa di jamin pantai - pantai di Semarang akan terlupakan dan susah di akses seperti di Jakarta karena tertutup oleh perumahan dan kawasan Industri.

0 comments:

Post a Comment