SLIDER

Friday, August 14, 2015

Dolan Semarang "Wana Wisata Penggaron"

 
Sebagai Ibu kota propinsi jawa tengah Kota Semarang yang terletak di daerah pesisir mempunyai wilayah yang beragam, selain sebagai kota pelabuhan kontur kota semarang juga berbukit - bukit. Selain wisata bahari tentu saja semarang juga kaya akan wana wisata nya, banyak beberapa wisata curug alias air terjun yang dapat ditemukan di beberapa kabupaten semarang. Ada satu wana wisata yang sangat dekat dengan kota semarang yaitu wana Wisata Penggaron alias Hutan Penggaron.  Sepertinya banyak orang - orang semarang (teman - teman saya khusunya) yang tidak tahu dimana keberadaan hutan penggaron ini. Banyak yang mengira hutan penggaron ini terletak di daerah Penggaron semarang :p. Padahal Hutan penggaron ini terletak di kawasan administratif kota Ungaran. 



Hutan pengaron tepatnya berada di desa susukan, kecamatan Ungaran. Eiits jangan salah dengan desa susukan yang terletak di gunung pati ya. Untuk mencapai hutan penggaron ini kalau dari semarang lewat jalan raya ungaran saja, begitu memasuki kota ungaran perhatikan di kiri jalan ada Bappeda kabupaten semarang akan ada Papan Petunju "Hutan Pengaron" masuk gang saja lurus terus akan ada petunjuk nya kok untuk menuju hutan penggaron ini.  Wana wisata ini berjarak sekitar 18 kilometer dari pusat kota semarang dan hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari kota ungaran.  Dengan jarak yang lumayan dekat seharusnya wana wisata ini dapat berkembang sebagai salah satu potensi wisata untuk melepas kepenatan dari kesibukan dan kebisingan kota. Kita tidak akan menyangka behwa 1 kilometer keluar dari hutan ini sudha jalan raya menuju perkotaan. 



Wana wisata yang masih binaan Perum perhutani tingkat I kota semarang ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, misalnya kemping, latihan kepramukaan, jungle treking, outbond dan lain sebagainya.  Menurut info ada banyak burung - burung dan hewan liar yang dapat di amati di hutan ini.  Area di dalam wana wisata ini juga di bagi menjadi beberapa bagian, untuk tempat kemping atau camping ground sudah ada sendiri terletak di bagian bawah setelah melewati hutan - hutan pinus. Sedangkan setelah pintu masuk kita dapat berjalan keatas hingga puncak untuk menikmati pemandangan dari atas, tidak lupa ada area bermain sebelum jalan keatas menuju puncak namun sayang tidak terawat. 


Well sedangkan cerita saya bisa menyambangi wana wisata ini juga sebetulnya karena kebetulan ... Meskipun sebetulnya sudah sejak lama semenjak saya melihat papan nama "Hutan Penggaron" ketika melintasi kota ungaran saya ingin sekali gowes mampir ke wana wisata tersebut, namun hingga 2 tahun kemudian rencana tersebut belumlah kesampaian. Hingga suatu saat ketika aku dan miss nana gowes ke arah banyumanik untuk mencari Goa Sari yang sepertinya telah hilang tergerus pembangunan perumahan maka aku pun memutuskan untuk melanjutkan perjalanan menuju Hutan Penggaron. Mungkin karena hutan ini sepertinya memang sangat jarang tersentuh manusia yang berekreasi namun sepertinya justru menjadi tujuan bagi orang orang yang berpacaran. 


Well kalau kalian memutuskan untuk melepas penat dari kebisingan kota wana wisata penggaron dapat kalian jadikan salah satu tujuan, untuk rekreasi bersama keluarga maupun kemping. Tapi ingat dijaga kelestarian hutan nya, jangan dicorat coret maupun buang sampah sembarangan ya.

Lokasi Wana Wisata Penggaron:
GPS Waypoint: 7°6?54.52?S (Latitude) 110°25?14.16?E (Longitude)
Google Map Refference ( -7.115145,110.4206)

0 comments:

Post a Comment