SLIDER

Wednesday, August 12, 2015

Dolan Semarang "Gowes Curug Semirang"


Curug atau air terjun merupakan salah satu tujuan wisata yang banyak ditemukan di kabupaten semarang. Salah satu curug yang paling mudah untuk dicapai dan dekat dengan pusat kota adalah Curug Semirang, atau air terjun semirang.  Air terjun yang secara administratif terletak di dusun Gintungan, Desa Gogik, kecamatan ungaran Barat kabupaten Semarang.  Dari arah solo maupun semarang jalan masuk menuju Curug Semirang terletak di depan Hotel Ungaran Cantik atau samping Telkom Ungaran, tepatnya sebelum gerbang Batas Kota Ungaran. Akan ada papan petunjuknya, ikuti saja jalanya kamu akan melalui STIKES NGUDI WALUYO, terus ikuti jalan hingga melewati jembatan, kamu bisa belok kiri dan mengikuti jalan hingga dusun Gintungan, atau lurus terus hingga mentok dan belok kiri semua jalan akan membawa ke dusun gintungan. 

gerbang selamat datang


jalan treking yang terkadang berundak undak

trek treking menuju air terjun

sungai yang harus di seberangi
Memasuki wilayah dusun gintungan jalanan mulai menyempit dengan tanjakan curam dan berkelok, tiba di tempat parkir kamu bisa melihat kota ungaran dari atas. Untuk mencapai pintu gerbang kamu harus berjalan dulu sekitar yaah 400 kilometer lah, dengan jalan tanah dan makadam di sisi kiri ada jurang dan kanan sungai kecil. Kemudian  Beli tiket nya terlebih dahulu murah kok sekitar 5000 rupiah. Setelah itu untuk mencapai curug dari pintu masuk kamu harus berjalan alias treking terlebih dahulu sepanjang 900 meter. Diawal mula medan cukup mudah dilalui namun saat turun hujan berhati - hatilah karena tanah pasti cukup licin. Mendekati air terjen kita akan menyeberangi sungai kecil dan jalanan mulai menyempit dengan pepohonan yang rimbun. 

sungai kecil yang harus kita seberangi

puncak air terjun

jalan mendaki menuju desa Gogik

gerbang selamat datang


Tiket Semirang cuma 5000 rupiah
 Curug semirang sendiri mempunyai ketinggian penerjunan air sekitar 45 meter, tidak banyak tempat berpijak di sekitar Area air terjun selain bebatuan besar dan sedikit tanah lapang. Di sekitar air terjun banyak kios - kios penjual yang ramai di wiken dan hari libur. Curug semirang sendiri juga akan ramai di hari libur juga wiken. Tapi sepi di hari biasa. Para pengunjung biasanya memanfaatkan untuk bermain air, dan berfoto - foto. 

air terjun semirang



kios buat ganjal perut

Saya sendiri sudah kali ketiga ini berkunjung ke curug semirang, dua kali menggunakan motor dan sekali ini bersepeda. Iyaa bersepeda dari Semarang ke Curug semirang, memang sih jaraknya Cuma 30 an kilometer tapi tentu saja full tanjakan. Apalagi ketika kita memasuki wilayah air terjun semirang. 


Jika ingin berkunjung ke curug semirang jangan lupa ya jaga kebersihan nya .. Jaga kelestarian nya, ga usah corat coret batu atau pohon.

1 comments: