SLIDER

Friday, November 20, 2015

Gembolers Gowes Semarang - Pulau Panjang Jepara

Biar dikata lebay tapi rasanya sudah seabad tidak merasakan  Indahnya Indonesia dengan pantai Pasir Putihnya. Kesibukan pekerjaan sudah sampai pada titik Jenuh. Meski rasanya sangat tidak mungkin mengambil libur di hari efektif alhasil dengan berbagai lukir gonta ganti jam, saya pun dapat sebentar untuk lari dari pekerjaan. Setelah menyelesaikan urusan di kampus hari Jumat 13 November lalu kita pun Gembol ke Jepara.

panas panas minum es thegan
Kita?? Ya siapa lagi sudah pasti lah saya dengan Miss Nana, rencana ini memang sudah lama kita bahas, meski terlihat banyak ketidak mungkinan akan terlaksana bulan November ini, namun ternyata Gelombang Energi Positif berpihak kepada kita unutk bisa gowes ke Jepara weekend ini. Namun bukan berarti ga ada halangan, jumat pagi mau berangkat kita sudah harus menunda jam Keberangkatan karen Ban Austin Bocor, maka kita pun harus menambal ban terlebih dahulu kemudian sarapan dan baru berangkat meninggalkan Semarang sekitar pukul 8 Pagi. Tidak banyak halangan dalam perjalanan kita, gowes lancar sampai ke Demak. Dan cuaca mulai Panas menyengat ketika memasuki Trengguli hingga Welahan, sempat beristirahat di suatu Minimarket di Welahan, ternyata Hujan yang kita khawatirkan tidak turun juga.  Bahkan ternyata begitu memasuki Jepara kita melihat bekas Tanah Basah, sepertinya Jepara di guyur hujan sebelumnya.

Kita tiba di Pantai Kartini sekitar pukul 14.00 segera kita check in di Homestay, kemudian menuju penyeberangan ke Pulau Panjang, sayangnya kita terlambat untuk membeli tiket kapal terakhir yang membawa rombongan sudah berangkat. Nampaknya karena turun Hujan penyebarang ke Pulau Panjang sore itu sepi, sehingga mereka menolak kita yang Cuma 2 orang. Maka cara satu - satunya adalah menyewa perahu. Maka kita putuskan untuk menyewa perahu. Karena rencana Besok pagi kita sudah harus meninggalkan Jepara untuk Kembali ke Semarang, karena miss Nana harus mengajar Sore Hari.

bertemu aak wawan

Ikan Bakar Srepeh
Sore itu kita pun menyeberang ke Pulau Panjang, sayangnya kita Cuma diberi waktu 15 menit untuk menikmati keindahan pantai di pulau Panjang, karena hari sudah cukup sore dan mendung yang menggelayut di langit. Kita pun segera kembali namun sebelumnya kita berkeliling pulau dengan perahu.

friday the 13th with boat number 13th

Setelah kembali ke Pantai Kartini kita menghabiskan sore itu menikmati suasana sore di pantai Kartini, seperti orang kebanyakan. Kemudian malam harinya kita janjian untuk bertemu teman yang sudah merantau ke Jepara yaitu Aak Wawan, untuk di traktir makan malam Ikan Bakar Srepeh. Kita gowes ke Alun - alun dilanjut menikmati sajian makanan ala Karimun Jawa di dekat pasar, sambil ngobrol panjang lebar.  Dalam kesempatan ngobrol ini juga akhirnya kita berhasil membujuk miss Nana untuk Ijin tidak mengajar pada sabtu sore, sehingga kita kembali bisa menikmati Jepara esok harinya. Setelah selesai ngobrol kita kembali ke penginapan di antar oleh Wawan.

Besok paginya kita bangun sedikit santai karena miss nana Sudah ijin, menikmati suasana pantai pagi Kartini di Pagi hari, dan melihat orang - orang yang bersiap untuk menyeberang ke Karimun Jawa. Sekitar pukul 8.30 pagi kita telah bersiap, setelah selesai sarapan kita menuju Dermaga penyebarang ke Pulau Panjang. Kali ini kita tidak perlu mencarti karena kita diangkut perahu bersama rombongan Ziarah yang akan melakukan Ziarah ke kompleks pemakaman yaitu Makam Syekh Abu Bakar bin Yahya Ba'alawy yang ada di Pulau Panjang,  Beliau adalah salah satu penyebar agama Islam di Jepara. Untuk menyeberang ke pUlau panjang kita cukup membayar 15000 rupiah untuk perjalanan PP, dengan perahu Kayu berkapasitas 10-15 orang.  oiya dermaga ke Pulau Panjang dari Pantai Kartini berbeda dengan Dermaga ke Karimun Jawa, dermaga ke Pulau Panjang terletak di kompleks pantai Kartini ya. Untuk penyebarangan ke Pulau panjang hingga pukul 16.00 sore. Selain dari pantai Kartini kita juga dapat menyeberang dari Pantai Bandengan, namun pantai Kartini lebih dekat jaraknya.

salah satu pantai di pulau panjang

salah satu spot di pulau panjang

trek menyusuri pulau panjang
Setelah tiba di Pulau Panjang yang berjarak sekitar 1 mil laut atau 2.5km dari Pantai kartini, kali ini kita putuskan untuk melakukan treking berjalan jalan mengelilingi pulau panjang yang luasnya sekitar 19 Hektar ini. Tidak usah khawatir pemerintah sudah membangun jalan trek untuk berkeliling pulau, berupa jalan paving. Pulau yang banyak ditumbuhi oleh berbagai pepohonan ini mempunyai pantai yang berpasir putih dengan dikelilingi laut dangkal berair jernih serta memiliki terumbu karang, sayangnya karena kita datang saat musim hujan mulai datang maka laut pun terlihat tidak bening dan berlumpur karena hujan.  Bagian tengah pulau ini terdapat hutan tropis dengan pohon yang tinggi menjulang serta diselingi perdu dan semak sebagai tempat burung laut berkembang biak. Flora di pulau ini dominasi oleh pohon randu, asam jawa, dadap, serta pinus. Meski kita datang saat musim hujan, namun musim kemarau yang berkepanjangan  banyak pepohonan yang terlihat meranggas, sesekali kita pun berhenti untuk menikmati berbagai spot pantai di Pulau ini. Kita membutuhkan waktu sekitar 1 jam berjalan berkeliling pulau plus foto - foto, mungkin jika Cuma berjalan berkeliling saja tidak ada satu jam. Disisi pulau ini terdapat kompleks pemakaman syekk Abu Bakar, yang tampaknya sudah dibangun oleh pemerintah Jepara diberikan beberapa fasilitas bagi peziarah. Di pulau ini juga banyak penjaja makanan yang mungkin akan ramai di hari libur dan weekend.

Usai berkeliling kita pun kembali ke Homestay untuk packing dan bersiap meninggalkan pantai kartini namun sebelumnya kita makan siang terlebih dahulu. Hujan yang sempat datang telah berhenti setelah kita selesai makan siang. Kita meninggalkan pantai kartini sekitar pukul 1.30 siang. Setelah mampir ke sebuah minimarket untuk membeli bekal air putih kita kembali melanjutkan perjalanan. Kembali tidak ada hambatan kecuali rasa kantuk yang menyerang miss Nana sehingga kita pun kembali memutuskan untuk berhenti di minimarket welahan untuk numpang tidur.

Setelah cukup istirahat sekitar pukul 15.30 kita kembali melanjutkan perjalanan, dan kembali kita masih mendapat energi positif karena ternyata selama perjalanan dewa Hujan memihak kepada kita sehingga hujan pun tidak turun hingga kita tiba di Kota Semarang pukul .19.30 dan langsung menuju Thamrin untk makan malam. Dalam perjalanan kita bertemu dengan beberapa teman di Taman Pandanaran, kita pun ngobrol sebentar.

Demikian perjalanan gembol kita memuaskan kerinduan akan pantai pasir putih, hmm tapi masih belum puas sih,…. Next time aah kita gembol lagi ke Pulau Panjang.

1. Ketika naik perahu kepala pucing2., tapi pas sampai di objek wisata pulau panjang perjuangan terasa berarti., hehe.

2. di tempat wisata alam pulau panjang pemandangannya sangat indah untuk di nikmati bagi para travelleres dan pencinta alam , untuk route perjalanan dari kota sekitar bisa di lihat di link berikut ini wisata pantai pulau panjang jepara