SLIDER

Thursday, January 29, 2015

Ngobrolin soal "Fotografi"



Ngomongin soal kesukaan motret itu sama dengan kesukaan sepeda sudah lebih seperti kebiasaan daripada hobi. Kalau ditanya kapan mulai motret jawaban nya akan sama kalau ditanya kapan mulai suka sepedaan. " Dari kecil " meski dulu sewaktu masih kecil seingatku atau  seingatan atas apa yang dikatakan oleh orang - orang akan diriku, bahwa saya itu suka nangis kalau di foto. Dan beberapa foto saya waktu kecil itu pose nya nangis. Tapi seingatku lho ini saya itu bukan nangis tapi pose kayak orang nangis karena ga suka difoto .. Begitu sih.

Nikon D70 dengan Lensa holga

film kamera

buku nya udah lepek
Lho ga suka difoto kok ngaku suka motret, lha begitulah saya. Memang lebih suka berada dibalik lensa daripada didepan lensa, mungkin karena kurang pede hmmm . Terkadang heran juga kalau ada yang bilang ga bisa motret, lhah kan tinggal jepret to?? Tapi ya ada benernya juga sih saat melihat sendiri saudara yang ketika saya minta buat ngambilin foto hasilnya itu ke crop semua ... :( atau blur atau juga miss fokus :(. Apalagi ketika jaman dulu masih kamera film manual dimana kita harus seting manual semua apeture, iso maupun exposure nya. Lhah bisa bisa gosong (istilah over xposure dan ngeflare) atau  malah gelap gulita karena under exposure.

selalu tercangklong

Dua kamera tercinta
Sebelum punya DSLR dulu motret itu ya Cuma pakai tustel pinjaman dari kakak jaman dulu masih pake film dan untunglah sudah auto.  Setelah film mulai jarang mulailah berganti ke kamera digital sekali lagi ya pinjaman lah buat bolang kemana - mana. Lalu berganti ke prosumer. Dan karena hape saya juga jadul butuh beberapa tahun nabung buat beli handpone yang ada kameranya dapatlah samsung corby yeaaah .. Lalu mulailah memotret pakai hape. Baru tahun 2009 saya mampu alias berani untuk beli (kredit) kamera DSLR yaitu kamera canon 1000D yang kemudian meski belum lunas saya jual buat beli nikon D70 :D

TLR Recesky

underwater saya

sebagian senjata
Semua kebisaan saya mengenai memotret dan pengaturan saya pelajari melalui otodidak. Belajar sendiri dari ngutek ngutek kamera sendiri. Ketika masih senggang banyak hasil foto saya kalau dalam istilah fotografi itu sepertinya adalah Street fotography dan juga Still Image. Jujur sih saya masih lemah dalam landscape dan satu aliran yang saya sangat lemah yaitu motret model :D dan karena sudah mempunyai soulmate dolan juga teman - teman yang suka difoto maka aliran motret pun berubah seperti tukang poto event.

hasil kamera film dengan ricoh

hasil kamera film dengan Ricoh

Seiring waktu berjalan kini saya sedikit mewujudkan mimpi atau khayalan saya yaitu membuat film, maka saya pun menambah satu kamera lagi yaitu Canon Kiss X4 untuk merekam Video. Dan beberapa hasil video yang saya hasilkan pun bukanlah film pendek hanya video klip hasil kita gowes bareng - bareng.  Dengan mempunyai kamera DSLR bukan berarti sudah tidak cinta lagi dengan kamera film, karena bagaimanpun memotret dengan kamera film mempunyai kepuasan tersendiri.  Beberapa jenis kamera pun saya gunakan, termasuk toycam. Ada Twin Lens reflect nya recesky, kamera bawah air yang murah saja.  Dan tetap setia dengan kamera film saya yaitu Ricoh 500G. 
saya dan kamera


meski sudah bertahun - tahun motret sepertinya saya ini masih bukan seorang fotografer deh  ...

untuk lihat video saya bisa cek di  ananda ranz youtube

untuk portofolio foto bisa dilihat di Ananda Ranz Flickr

untuk instagram memang kurang update tapi bisa di follow di @lolobulbul

0 comments:

Post a Comment