SLIDER

Thursday, October 2, 2014

Gowes Semarang Jogja untuk Jamselinas #4

Sudah lama saya ingin kembali menyusuri jalanan semarang - Jogja, setelah terakhir kali kita menyusuri jalanan tersebut pada saat gowes ke Borobudur untuk menghadiri upacara Waisak tahun 2013 lalu. Dan akhirnya kesampaian juga ketika tahun ini  acara Jamselinas diadakan di Jogja. Jamselinas adalah event tahunan komunitas Sepeda Lipat yang diadakan di tiap kota berbeda dan tema berbeda. Jamselinas pertama di adakan di Jakarta, Jamselinas kedua tahun 2012 diselenggarakan di Surabaya inilah jamselinas pertama yang kita hadiri yang menyajikan kuliner bebek Sinjay asli dengan gowes ke Madura. Jamselinas ketiga tahun 2013 diselenggarakan di Bandung dengan konsep bikecamping. Nah tahun ini Jamselinas keempat di selenggarakan di Jogja dengan konsep blusukan Jogja.

Jamselinas ke-empat diadakan pada hari sabtu tanggal 27 hingga minggu 28 september. Dikarenakan hari jumat saya libur saya pun berencana untuk gowes ke jogja dari semarang, sudah beberapa kali saya membujuk teman - teman juga miss nana untuk menemani, namun tidak ada yang bisa, sempat saya akan membatalkan rencana ini. Untunglah satu hari sebelumnya secara mendadak miss nana memberikan berita gembira bahwa dia bisa ikut menemani gowes  yaaaaay …

Satu lagi kabar yang mengejutkan adalah miss nana memberitahukan bahwa Andra juga akan ikut kita gowes ke Jogja kita kali ini. Duuh cukup kaget juga karena bahwa teman kita Tante Andra adalah bike to worker yang bukan turinger, dan sedikit pengalaman turing saya sempat khawatir dengan trek semarang jogja yang penuh dengan rolling tanjakan dan turunan. Tiba pada hari H, jumat itu kita sengaja bersiap lebih pagi Andra yang nota bene tinggal di daerah semarang timur yang terletak 10 kilometer dari kost ku pun harus ekstar mengayuh pedal terlebih dahulu. Berangkat pukul 07.00 pagi, kita pun sarapan terlebih dahulu di ungaran.

Melanjutkan mengayuh pedal, trek dari ungaran ini cenderung naik alias menanjak, kadang halus kadang ya lumayan curam lah. Well karena kita bertiga cewek semua maka kita pun gowes dengan santai saja. Sambil tentu saja bernarsis ria, alias foto - foto. Terjadi sedikit kericuhan di tanjakan Apac, dimana jika kita mengambil jalan kekanan adalah jalan pintas menuju Ambarawa, karena capek menanjak tanpa ba bi bu andra memutuskan langsung belok via jalan pintas, sedang miss nana sudah terlanjut gowes keatas, saya yang dibelakang yang melihat andra belok pun langsung mengikutnya. Alhasil miss nana pun menanjak dan menunggu kita di Bawen, untunglah di tengah jalan saya menelpon dan memintanya untuk langsung ke arah ambarawa.

Dimanjakan sedikit turunan keluar dari Ambarawa kita kembali harus menikmati tanjakan jambu yang ternyata cukup panjang dan curam. Saya sepertinya sedikit kewalahan karena memang keadaan sepeda saya (pockie) yang banyak kekurangan nya di BB rantai juga sprocket nya. Sehingga terasa berat sekali dikayuh. Setelah berjuang dengan terik panas matahari dan banyak nya tanjakan, kita pun menikmati sedikit turunan dari secang menuju Magelang. Sekitar pukul 1 siang kita tiba di magelang  kita pun memutuskan untuk istirahat dan makan siang di Alun - alun Magelang yang cukup di isi dengan satu Kelapa muda saja.

Agak malas sebetulnya untuk melanjutkan perjalanan ini karena terik matahari yang semakin panas dan paha ini yang udah kenyo - kenyot gegara settingan sepeda ku yang salah. Akhirnya dengan bujukan miss nana bahwa setelah ini tinggal turunan menuju jogja dan dia mau bertukan pockie dengan austin maka kitapun melanjutkan perjalanan kembali kali ini dengan semakin santai. Namun ternyata keluar dari magelang pun kita tetap tidak diberi banyak bonus turunan namun semakin banyak tanjakan hingga muntilan. Dan karena melihat miss nana yang begitu kepayahaan dengan pockie aku pun kembali menukar austin dengan pockie, dan menaiki pockie kembali.

Kita pun tiba di Jogjakarta sekitar jam 5 lebih, kemudian segera menuju kawasan Malioboro tempat penginapan kita berada. Miss nana memutuskan untuk istirahat sedang aku dan Andra keluar untuk mencari makan malam dan juga melihat maraknya JLFR bulan September.