SLIDER

Monday, August 27, 2012

Cerita Liburan - Gowes Tersesat Tawangmangu

Saat Dua Anak Kecil gowes Tawangmangu - cerita Liburan Sekolah
Liburan sekolah Juni ini harusnya aku ada rencana bikepacking dengan miss nanna, namun karena satu dan lain hal maka hal itu terpaksa dibatalkan. Hadeeeh rasanya sedih sekali tidak bisa gowes. Namun akhirnya hal itu sedikit terobati ketika aku berhasil membujuk Luna untuk gowes bareng :D dengan janji memberinya kaos dan dorongan kalau nanjak :D. Maka rabu tanggal 11 Juli 2012 Pagi sekitar pukul 07.00 luna pun sampai di rumahku, setelah kutawari mau naik apa, dia memilih pockie my pocket rocket maka aku pun naik shaun my dahon da bike, kita pun lanjut gowes. Kita gowes ke arah timur menuju karanganyar, tiba di karanganyar sekitar pukul 8 lebih, kita mampir sarapan di warung cafe soto, sempat ditanya mau kemana, kita Cuma jawab asal gowes saja pak.

Kita disarankan ke TW wew :D . Kita lanjut gowes sambil berbincang mau lewat mana. Karena jalan karangpandan hanya begitu begitu saja,, kita pun memutuskan mengambil jalur matesih. Jalur matesih lebih bervariatif karen melewati persawahan dan pemukiman dengan variasi jalan berbelok dan sedikit bergelombang. Tidak banyak halangan saat gowes kali ini, paling kita Cuma berhenti untuk biasa narsis dan bephoto - photo saja. Tiba di pasar matesih kita berhenti di suatu minimarket untuk ke toilet dan membeli masker, karena tadi kita lupa pakai masker. Tapi ternyata tidak terlalu kita butuhkan karena setelah melewati matesih udara cukup sejuk.

Dari matesih setelah bertanya tanya. Kita menuju astana giribangun dan mangadeg yang disarankan. Maka dengan mengikuti petunjuk yang ada, kita pun melanjutka gowes sambil sesekali berhenti untuk berohoto dan menikmati pemandangan yang ada. Sekitar 2 kilometer menuju giribangun. Tanjakan mulai terjal. Sesekali aku berhenti agar luna bisa istirahat dan kita berphoto :D. Luna sering mengolok aku...."aku sudah mengkis - mengkis dan kamu keringatan pun tidak!!" nah lhooo bukan salahku hawanya sejuk oq hii hii hii ... Lha wong dia nya sendiri bilang mengkis - mengkis tapi kalau nanjak sempet photo - photo lho yee ...

Akhirnya kita pun tiba di giri bangun sekitar pukul 11.00, setelah berphoto kita memutuskan tidak masuk karena sepertinya ramai pengunjung, kita memutuskan terus ke mangadeg saja. Ternyata tidak begitu mungkin sekitar 200 meter dari giribangun. Sampai di mangadeg kita berphoto, dan memutuskan untuk menyusuri mangadeg. Sempat ditanya oleh petugas perhutani dan diajak ngobrol lama. Mungkin dia heran ada dua anak kecil yang nyasar sampai mangadeg. Mana itu bapak ga percaya lagi aku kuliah dan luna sudah lulus kuliah wedeeew ... :P

Akhirnya kita pun menyusuri mangadeg sambil berphoto ria. Mangadeg adalah makam raja raja solo, keadaan lingkungan nya cukup bersih namun mungkin karena bukan hari libur jadi cukup sepi. Semua penunjuk dalam huruf jawa wedew .. Kita cukup naik ke atas menyusuri tangga untuk sampai ke makam raja2. tapi diatas ada beberapa tempat yang tidak untuk umum. Setelah puas kita kembali ke pintu gerbang sekitar pukul 2 lebih dan dibawah ketemu bapak yang sama dan dia heran ternyata kita naik sepeda nah lhooo...!!! Wkkk dia kaget ga terkira kalau dua anak ini ternyata gowes. Setelah bertanya jalan pada itu bapak, dia menyarankan ambil lurus aja ntar nyampe TW.

Wedew sebetulnya kita Cuma pengen balik ke karangpandan. Karena tidak berpikir jauh kita ambil jalan lurus karena kupikir kita akan sampai ke jalan raya. Ternyata salah besar ... !!! :D setelah dimanjakan dengan turunan panjang kita tiba di titik terendah dimana semua percabangan membawa kita pada tanjakan maut hadeeeh.. Tapi kita berhenti dulu menikmati pemandangan sungai yang ada sambil berphoto - photo.

Karena kalau balik nanjak, ya sudah kita ambil jalan lurus saja dengan tanjakan terjal yang menanti. Ternyata saudara - saudara jalanan ini lebih menantang dari yang tadi. Banyak tanjakan panjang dan kadang terjal yang harus kita lalui. Sempat merasa kalau kita memang tersesat nah lhooo hehehe ga tahu berada dimana, kita Cuma bertanya saja pada penduduk sekitar. Melihat pemandangan yang ada kita berada di puncak ... Wedeeeew kita dimana ya sebenar nya :D Dan ternyata benar kita sudah berada di tawang mangu khii khii khii hanya 3 km dari pasar ..

Akhirnya setelah menemukan jalan raya, kita memutuskan kembali ke karang pandan. Memang tertarik untuk lanjut TW tapi luna tidak bisa jika harus berlama - lama dia harus balik ke kemusu. Akhirnya kita pun turun naik kembali menyusuri jalan hingga turunan panjang di karang pandan. Sambil clingak clinguk mencari penjual bakso ojek. Yang sama sekali ga nemu. Tanpa berhenti kita kembali ke karanganyar sekitar setengah empat.

Kita memutuskan untuk mampir ke cafe soto tadi. Kali ini aku membeli nasi plus gereh sambel ijo :D enaaaakk dan murah. Kita kembali melanjutkan perjalanan dan mampir ke pom untuk sholat dulu, hingga akhirnya tiba dirumah sekitar maghrib. Dan luna pun tanpa istirahat langsung pulang ke kemusu :D Makasih luna sudah menemani gowes dan tersesat hingga TawangMangu