SLIDER

Wednesday, May 2, 2012

Cerita Tercecer #21Srikandi Etape Gombong

 



Benteng Merah Van Der Wijk



Salah satu hal yang paling berharga yang didapat kan ketika event #21Srikandi selain sepeda :p adalah pengalaman mengunjungi berbagai daerah dengan keunikan masing masing. Jika kita memasuki daerah daerah kabupaten kadang kita masih disambut oleh anak - anak sekolah yangn berjajar di pinggir jalan, melambaikan bendera atau memainkan musik, sungguh hal yang baru pertama kali aku alami ketika bersepeda.
Keunikan yang lain dari daerah masing masing adalah kuliner dan juga bangunan yang ada di daerah tersebut. Dan yang paling unik dari semua tempat kita menginap adalah BENTENG VAN DER WIJK. Yup Benteng yang terletak di Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen ini adalah Benteng yang telah di kelola menjadi Penginapan dan juga tempat rekreasi. Yang istimewa dari Benteng ini adalah meskipun berupa penginapan dan tempat rekreasi, namun pembangunan kamar penginapan dan tempat rekreasi sama sekali tidak menghancurkan bangunan benteng yang telah ada. Penginapan di bangun jauh di depan halaman benteng. Begitu juga tempat rekreasi atau waterpark yang ada. Bangunan yang ada pun tidak dibangun dengan ketinggian melebihi benteng, sehingga tidak menutup pemandangan menuju benteng. Benteng van der wijk adalah benteng dengan bentuk segi delapan. Dengan tanah lapang yang terletak di tengah benteng. Benteng ini terdiri dari dua lantai yang terbagi bagi menjadi banyak ruangan ruangan. Untuk menuju lantai dua kita dapat melalu berbagai lorong, dengan tangga memutar.

 
Benteng yang dibangun pada tahun 1800an, begitu ditemukan berupa reruntuhan, kita dapat melihat proses penemuan hingga restorasi benteng pada salah satu sudut pintu masuk yang ada di benteng van der wijk. di sisi lain kita dapat melihat fot foto mantan bupati kebumen.

Begitu memasuki benteng dapat kita lihat tembok tembok nya sudah lembab dan berlumut mungkin karena termakan usia. Namun terlihat juga kerbersihan dan perawatan benteng ini. Dari lantai dua kita dapat menuju atap, dimana terdapat kereta mini. Dengan kereta mini ini kita dapat menikmati pemandangan sekitar benteng. Dari atap ini pula kita dapat melihat bentuk bangunan benteng dari atas. Benteng van der wijk identik dengan warna merah. Seluruh bangunan benteng tersusun dari bata merah. Di dalam benteng sering juga dipakai untuk konser maupun pertunjukan hiburan lainya.

 
Di pintu gerbang pun terdapat beberapa pos penjagaan yang dulu dipakai oleh tentara belanda untuk melihat daerah sekitar. Setelah di renovasi benteng kemudian difungsikan sebagai tempat pelatihan militer oleh karena itulah terdapat dua tank dan pelontar misil yang berada di depan benteng.


 
Kamar penginapan pun tidak mengecawakan. Kamar yang bersih dan luas juga dengan kamar mandi yang bersih. Kamar kamar penginapan hampir seperti barak barak militer jaman dulu.
 
Yang unik pula ketika kita menginap di gombong adalah makanan nya. Ada soto gombong yaitu soto khas gombong, yang terdiri dari soun, touge,kacang, kentang goreng dan juga berkedel yang terbuat dari singkong. Dengan kuah soto dan pelengkap kerupuk dan,bawang goreng, irisan seledri dan daun bawang tak lupa sambal kacang.

Juga makanan ringan nya yang seperti tiwul, ketan hitam, dan getuk cocok untuk bernostalgia. Karena padatnya acara dan sedikit nya waktu, aku tidak sempat untuk mengeksplore tempat ini, namun suatu saat tentu aku harus kembali untuk eksplore tempat ini dan juga kota kecil ini. Masih banyak yang bisa dikunjungi. Well mari cari waktu dan siapkan sepeda. Get ready for the next adventure .. Go POCKROCK ADVENTURE... WH.05 03.05.12

1 comments: