SLIDER

Thursday, February 2, 2012

Downhill Delles

Downhill delles Menapaki lereng Merapi Delles/Menyusuri Kali woro

setelah sekian lama vakuum dari downhill maupun XC akhirnya pada tanggal 8 november 2011 aku mendapat tawaran untuk mengikuti downhill ke deles. tentu saja aku tidak menolak. downhill kali ini kita tidak akan menginap tapi berangkat minggu pagi dari solo untuk langsung menuju deles dan downhill. maka seperti biasa hari minggu pagi aku janjian bertemu da di depan pom bensi jongke, kita pun gowes menuju gawok. karena masih sekitar jam setengah tuju aku dan ida pun memutuskan untuk membeli sarapan dulu di nasi liwet dekat stasiun gawok. selesai sarapan kita langsung menuju markas RCC yang berada di seberang desa di staisun gawok. setiba di markas ternyata belum banyak anggota yang berkumpul maka kita pun menunggu anggota lain yang berkumpul. setelah memastika semua anggota telah datang, sepeda pun mulai di loading di pick up dan perbekalan beserta tool yang ada. setelah semua di loading, maka aku ida pak joko dan sebaian peserta lain naik ke defender (land rover milik paka fajar) untuk melanjutkan perjalanan ke deles. namun kita berhenti dahulu di kandang menjangan menunggu pak edi yang sedang menyusul. cukup lama kita menunggu pak adi hampir sejam. setelah pak edi muncul kita pun melanjutkan perjalanan. deles adalah salah satu lereng merapi yang bisa di capai dari boyolali dan klaten. dan rute kali ini kita ke deles melewati klaten. dari kota klaten kita mengambil arah jalan di samping poltabes. dari situ kita mengikut saja jalan yang mengarah ke deles dengan petunjuk jalan nya. tiba di deles, kita terus naik ke atas lereng. dengan tanjakan tanjakan terjal nya. untung 4wd land rover ini bisa dengan mudah di ajak bermanuver.

memasuki pintu portal masuk ke lereng deles tanjakan sangat tajam telan menanti, kita berhenti sejenak karena pak edi mengendarai avanza yang tentu tidak cocok dengan medan off road kali ini. maka pak edi pun berpindah ke defender dan beberapa orang pindah ke pick up untuk memberi beban pick up agar bisa nanjak.

sekitar pukul 10 setelah tiba di puncak kita pun me nurunkan sepeda mengecek fungsi dan memakai peralatan dan bersiap untuk downhill. setelah semua siap kita pun berkumpul untuk mendengarkan pengarahan tentang trek kali ini. maka dimulailah downhill kali ini. mobil dan pick up diturunkan oleh gendut yang nanti akan menunggu kita dibawah. trek pertama menyusuri jurang dengan turunan vertikal membuat ku dan ida untuk TTb terlebih dahulu. setelah itu kita pun menyusuri trek turun perbukitan yang tembus di gerbang portal tadi. kemudian kita turun di lereng di perjalanan kita bertemu dengan beberapa pemuda yang mungkin sedang trekin juga kadang bertemu dengan mobil off road sar yang berkeliling. di beberapa spot tim berlatih untuk melompat, disini pak fajar sempat salah landing yang menyebabkan kaki nya cidera, tapi untunglah pak fajar masih bisa melanjutkan downhill.

trek delles kali ini berbeda dengan kopeng dan gunung maling, trek delles lebih banyak menyusuri bukit di atas sungai lembah kawah merapi jalan berbatu terjal dan dibawah sudah menanti sungai yang curam cukup membuat deg deg an, ditambah lagi suspensi bernard yang tidak bekerja menerjang bebatuan sungai cukup membuatubuh seperti dikoyak koyak.

setelah sekitar dua setengah jam kita menerjang trek bebatuan,menyusuri kali woro trek pun berakhir dengan jalan di sekitar perkampungan dan tembus di pasar delles. kita pun beristirahat dan menikmati mie ayam dan bakso. sekitar pukul 2 kita pun bersiap loading sepeda dan kembali ke solo, karena kaki pak fajar maka defender kali ini di setir oleh pak budi. karena kecapekan downhill kebanyakan peserta tertidur di mobil selama perjalanan pulang. sampai di gawok untunglah kita mendapat tumpangan dari pak fajar sampai gentan. dan kita pun gowes ke rumah