SLIDER

Tuesday, January 3, 2017

Velo girl Semarang Tour De Cirebon Day 2 Om Teloleet Om ...

Mungkin jika tidak mengingat ritual pagi ku, aku juga masih akan melelapkan diri dalam tidur seperti yang lain. Namun karena kewajiban ritual aku harus ke kamar mandi, dengan mata berat. Dan mungkin juga jika tidak dipanggil oleh Anjar kami masih akan bermalasan dikamar entah siapa yang harus memulai untuk mandi.

Sabtu 24 Desember 2016

Akhirnya aku memulai start untuk mandi terlebih dahulu, diikuti dengan yang lainnya masih dengan bermalasan dan saling tunjuk. Hingga akhirnya kita telah bersiap untuk melanjutkan perjalanan sekitar setengah delapan. Kala kita sedang bersiap dengan bawaan dan sepeda masing - masing. Kita telah disambut oleh seorang laki - laki dengan jersey federal berwarna oranye. Dialah yang bernama Hendrik yang oleh Anjar ditunjuk untuk mengawal kami, karena Anjar tidak bisa menemani dikarenakan oleh tugas negara nya sebagai pelatih dan juga anggota KPPS. Selesai bersiap kita menunggu anjar dari melatih anak - anak. Setibanya Anjar kita pun diajak sarapan kembali kita memilih soto semarang yang terletak di Alun - alun.

sarapan di alun - alun

Pukul 9 lebih kita baru meninggalkan alun - alun Batang, menuju destinasi selanjutnya. Beruntung Anjar yang tahu sifat kami, membawa kami ke tempat - tempat untuk berfoto di sepanjang Kota Batang :D. ternyata kota Batang dan pekalongan cukup dekat, sehingga lepas kota Batang kita telah memasuki kota Pekalongan. Di Batas kota Pekalongan sebelum lepas dari kota, Anjar pamit karena dia harus kembali melatih anak - anak panjat tebing. Maka dia pun menitipkan kami kepada om Hendrik untuk mengawal kita sampai pemalang. Kami pun berujar pada om Hendrik "yaah kami para cewek kalau gowes amat sangat santai ya om, jangan buru - buru". Kita pun berlalu menyusuri jalan batang - Pemalang yang ternyata cukup jauh, dan di dominasi dengan aspal yang tidak rata gegara dilewati kendaraan berat. Sebelum memasuki kota pemalang, kita bertemu dengan om Nanto B2w dari pemalang. Dengan dipandu om Nanto kita kembali menyusui jalan batang - pemalang. Di batas kota memasuki pemalang, om Hendrik pamit kembali ke Batang. Dan kita pun diserahkan kepada om Nanto. Kali ini kita masuk kota pemalang, istirahat untuk makan siang di alun - alun. Eeiit tidak ada soto semarang untuk makan siang, kali ini kita memesan Mie ayam dan nasi Grombyang untuk hesti. Dan masing - masing dari kami di jamu es kelapa muda yang notabene merupakan langganan keluarga om nanto.
diejmput om Nanto B2W pemalang

masuk kota pemalang
Dikarenakan adanya kepentingan keluarga, maka om Nanto tidak bisa mengantar kita lebih jauh, hanya sampai batas kota pemalang. Dia berpesan sudah meminta seseorang untuk menjemput kita di Tegal .. Naaah lhooo maka hari kedua ini kita cukup beruntung menjadi giliran orang - orang yang berbaik hati menjadi pemandu kita.

Melanjtukan perjalanan kembali berlima, para perempuan dengan lima sepeda lipat nya, menyusuri jalanan panturan meninggalkan kota pemalang menuju Brebes. Dengan kaos dari bike to work yang bertuliskan B2W Semarang di kota yang terletak cukup jauh dari semarang tentu akan menjadikan pemandangan yang menarik bagi pengendara motor maupun pengguna jalan lainnya. Beberpa kali kita di samperin dan ditanya dari mana mau kemana, dengan jawaban yang sama Semarang - Cirebon, tidak ayal decak kagum dan support dari mereka sering mampir untuk kita. Untuk melawan rasa bosan, jenuh dan lelah yang menghadang dari tantangan pantura serta terik matahari yang menyengat, maka kita tidak kalah dengan anak - anak yang berhenti di pinggir jalan untuk berburu telolet. Kita pun ikut berburu telolet dengan mengacungkan jari menandakan meminta telolet. Di sepanjang perjalanan ini, tidak butuh waktu lama untuk kita bisa menyimpulkan bus mana saja yang mempunyai telolet dan bus cupu tanpa telolet. Terkadang para anak - anak pencari telolet itu pun berteriak kepada kami, teloleeet mbaak..teloleeet….

Tidak banyak kendala yang kita temui di sepanjang perjalanan, sepeda kita juga tidak ada yang bermasalah, hanya memang kita terkadang perlu berhenti sejenak untuk melepas kejenuhan yang melanda. Pukul 4 sore kita memasuki kota Tegal, dan Avit mulai mengontak teman dari om Nanto memberi tahu kedatangan kita. Sempat kebingungan juga janjian bertemu dimana, akhirnya ketika lepas kota tegal dan memasuki kota brebes saat berfoto di gerbang kabupaten brebes, kita di samperin oleh anak yang cukup muda aku mengira dia anak sekolahan dan ternyata betul dia masih SMA, Kanzul namanya yang akan mengawal kita menuju brebes. Lepas dari kota tegal meski belum memasuki kota brebes kita sudah menemukan banyak sekali penjual telor asin, mungkin karena akibat adanya tol sehingga para pedagang menggeser dagangannya kah?

sampai di Kota Tegal
Letak kota tegal dan Brebes yang tidak begitu jauh, membuat kita lebih cepat tiba di alun - alun brebes sekitar setengah enam. Disaat dwi dan hesti melaksanakan sholat di masjid agung brebes, hujan pun datang kita meneduh di salah satu mini market dekat alun - alun. Hujan yang datang dan pergi memaksa kita meneduh lebih lama karena bawaan kami. Namun mengingat kita juga mengingkan segera istirahat, akhirnya dengan nekat sambil menutup pannier kita ke alun - alun untuk makan malam sambil menunggu hujan reda. Di alun - alun kita sambil berkenalan dengan kanzul ngobrol mengenai sepedaan di tegal. Juga menunggu hujan reda agar teman Avit Ghina bisa menjemput kita menuju rumahnya. Sekitar pukul 7 lebih hujan sedikit mereda, ghina pun datang, dan membawa kita menuju rumahnya yang terletak di seberang alun - alun di belakang kantor tepatnya.

sampai juga di Brebes
Setelah melepaskan panier yang basah karena hujan, kita pun beristirahat di kamar yang telah di sediakan keluarga Ghina. Beruntung karena kehujanan maka kita pun berlomba - lomba untuk mandi malam ini, sembari menikmati teh rasa camomile yang disuguhkan cukup untuk menghangatkan badan.
Beginilah perjalanan kita di hari kedua .. Istirahat malam ini untuk mengumpulkan tenaga di hari ketiga.