SLIDER

Sunday, April 14, 2013

Bike Friendship and Culinairy (gowes Pening di Rawa pening)




Sudah lama tidak berkumpul dan gowes bersama - sama bersama teman - teman penghobi sepeda di semarang. Hal itu juga yang dirasakan oleh uncle duck, sehingga berinisiatif untuk mengajak teman - teman gowes bareng dan tujuan kali ini adalah ambarawa. Setelah digodok akhirnya acara gowes bareng itupun dilaksanakan pada hari minggu tanggal 14 april 2013, yang rencananya akan diikuti oleh 30 orang peserta, yang ternyata dari berbagai kota. Rencana kita akan loading dari semarang menuju ambarawa dan gowes dari ambarawa dengan tujuan ke pemandian muncul, bukit cinta, benteng belanda dan tentu saja menyusuri rawa pening.
Pada hari H, rencana kita akan berkumpul dan mulai loading pukul 5.30, namun karena satu dan lain hal, ternyata kita cukup menunggu lama karena ada beberapa problem dengan mobil pengangkut, akhirnya kita berangkat dari semarang pukul 7.15. dari 27 orang yang tercatat, beberapa harus batal ikut karena sakit atau keperluan lain, seperti icha, riu, motik dan juga bunga, sehingga rombongan yang berangkat dari semarang ada 22 orang. Dan beberapa teman lain sudah gowes maupun menunggu di ambarawa. Kita pun berangkat menuju ambarawa dengan mobil.








Tiba di ambarawa kita berkumpul di telkom ambarawa dimana teman - teman lain sudah menunggu untuk membongkar muatan alias sepeda kita. Hingga pukul 9.20 kita memulai perjalanan gowes bareng  ini. Yang akhirnya diikuti oleh 30 orang, dimana 26 memakai seli yang berasal dari semarang, salatiga dan juga ungaran, plus 4 orang teman dari ambarawa memakai MTB mereka nanti yang bertugas sebagai pununjuk jalan, marshal dan juga sweeper kita. Karena hari sudah terlalu siang untuk start maka kita pun segera memulai perjalanan gowes menuju bukit cinta yang kemudian dilanjutkan ke pemandian muncul. Dengan rute yang bervariasi dari jalan raya, jalan pedesaan, flat , tanjakan, turunan dan beberapa tikungan tajam.










Check point pertama adalah bukit cinta, sayang kita tidak bisa berlama - lama karena waktu yang sudah mepet akibta keterlambatan tadi. Dan kita pun segera lanjut menuju pemandian muncul. Dan akhirnya setelah 50 menit perjalanan kita pun tiba di pemandian muncul. Untuk berkuliner pecel keong, pecel belut dan pecel wader. Teman - teman yang sejak tadi belum sarapan pun segera menyerbu warung makan. Dan mulai memesan, dan ternyata pecel yang  penampilannya sangar karena penuh cabe merah ternyata tidak pedas. Teh nya juga enak, apalagi ayam goreng nya nyaaam. Gorengan yang dipesan juga ludes diserbu tidak lupa es kelapa muda dengan gula jawanya :D. Wader yang disajikan juga renyah. Kita pun istirahat dan menikmati sarapan.






Disaat sarapan ini pula uncle duck atas nama bersama memberi kenang - kenangan untuk Rio dan Juwanto Reza yang telah membawa dan mengharumkan nama semarang dalam mengikuti Audax borobudur minggu lalu dengan berhasil masuk 10 besar.  Selesai sarapan, kita pun melanjutkan rute selanjutnya menyusuri rawa pening, dengan estimasi jarak yang lebih jauh dari pada saat kita berangkat tadi. Karena rute ini adalah rute blusukan yang di pimpin oleh teman - teman jepara, saya tidak tahu persisnya jalan mana yang kita lewati, cukup ngikut yang didepan sajalah.
Menyusuri jalan pedesaan yang dikelilingi oleh persawahan dan juga pegunungan membuat gowes begitu menyenangkan karena cuaca yang sangat mendukung juga udaranya. Hingga akhirnya kita tiba di permuhaan candi soba. Dari sinilah blusukan yang sebenarnya dimulai, rute sudah berubah menjadi trek XC karena kita menyusuri single track membelah persawahan dan juga rawa2, jangan sampai tertinggal jauh karena pasti bingung arah mau kemana. Juga melewati desa - desa pengolah enceng gondok, kita pun sempat harus bertanya beberapa kali, karena sepertinya kita tersesat :D weheeeleh diperparah lagi dengan sepeda om Gus yang mengalami bocor ban beberapa kali. Dan juga matahari yang sudah mulai menunjukan keperkasaanya membuat kita agak kewalahan karena rute ini tidak ada mini market saudara - saudara :D hadeeeh sehingga saat menemukan warung kecil itu seperti oase surga di tengah gurun.
Hingga akhirnya kita tiba di Tuntang jalan raya solo - semarang,t api ternyata blusukan tidak berhenti sampai disitu. Karena untuk menuju ambarawa, kita tidak lewat jalan raya dan naik ke bawen, kita belok di jembatan besi tuntang kembali melanjutkan blusukan menuju ambarawa :D hadeeeh banyak rute single trek yang sangat menyenangkan hi hii hii

Hingga akhirnya sekitar pukul 3 kita pun tiba kembali di lapangan Kodim ambarawa, dan segera melepas lelah di salah satu frenchise mini market untuk mendinginkan badan dan juga menunggu teman - teman untuk regrouping. Setelah semua berkumpul kita kembali menuju telkom untuk kembali loading sepeda. Sebenarnya aku yang berencana gowes kembali ke solo, terpaksa batal karena ternyata waktu gowes kita lebih lama dari yang diperkirakan, sehingga terlalu sore untuk aku melanjutkan gowes. Akhirnya aku pun nebeng mobil teman dari salatiga (gaswat aku lupa namanya) dan dari salatiga aku naik bus kembali ke solo. Dan ternyat hujan deras pun menyambutku dan aku pun harus jalan kaki kembali kerumah dibawah hujan deras karena dompet tertinggal di semarang baguuus :p.





Dan begitulah akhirnya hari itu meski penuh dengan berbagai insiden dan tersesat, ,kita semua cukup menikmati  gowes ambarawa kali ini, bersepeda untuk berteman dan kuliner :D dan jarak yang kita tempuh meski rasanya jauuh sekali karena ketersesatan tenyata cukup sekitar 30an kilometer. :D
Semoga teman - teman tidak kapok, dan semoga masih akan banyak acara gowes bareng seperti ini. Terimakasih buat uncle duck yang telah berinisiatif  atass gowes bareng ini dan juga pick up untuk loading nya, terimakasih untuk teman - teman dari ambarawa yang mau menemanin dan menjadi penunjuk jalan, terimakasih juga untuk teman - teman yang sudah bersedia berpartisipasi ikut bersama - sama blusukan rawa pening. Dan speccial thanks buat my biking partner ms nana yang mau ikut. Dan satu lagi special thank buat temen kak iqbal (aku lupa namanya) yang memberiku tumpangan sampai salatiga.

See you in the next biking story :D

14.04.2013.

4 comments:

  1. temen kak iq ,nama nya mbak Maria

    ReplyDelete
  2. whaaah kak Maria ya, hahaha makasih banyak infonya :D

    ReplyDelete
  3. Mba/mas bisa minta contact person org ambarawa yg bs bawa/petunjuk jalan kalau mau gowes skitar rawa pening? Makasih. Btw, jawabannya kl disini apa sy bisa terima ya? Atau tlg diemail ke juliawati.sugiono@gmail.com? Terimakasih buanyak...

    ReplyDelete
  4. Mba/mas bisa minta contact person org ambarawa yg bs bawa/petunjuk jalan kalau mau gowes skitar rawa pening? Makasih. Btw, jawabannya kl disini apa sy bisa terima ya? Atau tlg diemail ke juliawati.sugiono@gmail.com? Terimakasih buanyak...

    ReplyDelete