SLIDER

#21Srikandi B2W Inspirasi Bagi Negeri Chapter 2 Etape 1, 2 dan 3

Getting Adjust With the Bike The Team and The Route

Day #2 Etape  #1 Jepara - Purwodadi - Solo 155km 21 April 2012
Hari masih gelap ketika fajar itu kita terbangun, dengan perasaan bercampur aduk, senang, gugup, takut, untuk memulai etape pertama ini. Maka setelah kita mandi kita pun berkumpul di restoran untuk sarapan. Selesai sarapan kita pun brifing sebentar mengenai rute yang akan dilalui. Setelah itu kita check kesehatan kita terlebih dahulu dengan tim medis yang telah berkumpul pagi itu. Setelah selesai, kita pun pemanasan. Dan dimulailah etape pertama, kita pun menuju pendopo untuk dilepas oleh bupati Jepara.  Pada etape ini untuk pertama kalinya kita bersepeda dalam Tim yang utuh #21 Orang, dan juga dengan sepeda baru, Oleh karena itu masih banyak penyesuaian irama yang harus kita lakukan.  Ketika melewati trengguli ada insiden kecil, setelah rantai ku lepas dan berusaha mengejar rombongan david yang berusaha mendorong ku posisi nya terlalu dekat sehingga sepeda kita bersenggolan dan kita pun terjatuh dalam kecepatan tinggi. Maka terpaksa sepeda pun kita loading dan menyusul rombongan pada pit stop pertama. Di pit stop pertama lingkar demak. Kita bertemu dengan rombongan yang sedang berkumpul dengan sepeda othel demak. Dan aku pun mendapat perawatan atas luka luka ku ketika jatuh. Begitu juga sepeda ku. Setelah yakin semua oke, aku pun memutuskan untuk bergabung kembali dengan rombongan. Rute kali ini, dari jeparaita mengambil jalan via lingkar demak menuju purwodadi. Dengan jalan yang rusak di sana sini, sepeda cleo yang basic nya adalah hardtail ternyata cukup stabil pada medan jalan yang berbatu.
Pada etape pertama ini pula  aku harus menyesuaikan diri dengan tim feeding, dimana kita akan melakukan mobile feeding. Yaitu keadaan dimana kita akan di beri makan pada saat masih gowes. Memang aku kurang terbiasa, tapi hal tersebut dimaksudkan agar kita tidak kehilangan nutrisi pada saat gowes, dan karena kita tidak sempat berhenti untuk makan. Pada siang hari kita pun beristirahat di purwodadi untuk makan siang. Melanjutkan perjalanan melewati purwodadi, jalan roling naik turun sudah menanti. Meskipun aku sudah pernah melalui jalur ini, tapi ini adalah pertama kalinya aku melewati dengan sepeda ukuran 26' ughh pertama kalinya penyesuaian sepeda harus dengan jalan rolling uugh :S begitu juga dengan peserta yang lain, bagi kami rute ini adalah rute penyesuaian, sehingga masih banyak keteteran disana sini. Tapi untunglah teman teman tetap semangan melewati semua tanjakan dan turunan yang ada. Karena medan yang sulit dan penyesuaian maka kita pun agak kemalaman ketika melewati sumberlawang menuju gemolong. Sekitar pukul 6 suasana hutan pun cukup gelap. Setelah bersitirahat dan disambut  di kecamatan gemolong, kita pun melanjutkan perjalanan menuju solo. Tiba di solo sekitar pukul 19.00 kita pun langsung menuju penginapan yaitu wisma wanita yang berada di manahan. Setelah acara acara sambutan dan media kita pun makan malam dan istirahat, tidak lupa kita cek kesehatan dan keluhan pada sepeda untuk selanjutnya bisa di perbaiki oleh tim support.

Day #3 Etape #2 Solo - Jogja 50km 22 April 2012
Bisa dibilang inilah etape paling pendek dan paling ringan yang akan dilalui. Dengan jarak tempuh yang hanya berkisar 50km dan juga medan yang flat, kita pun cukup bernafas lega menyosong etape kedua ini.  Maka setelah hari sebelumnya kita ngos ngos an, pada etape ini kita akan lebih memantapkan ritme kayuhan karena rute cenderung lurus. Setelah pelepasan dari loji gandrung. Dan juga pemanasan di parkir solo square. Dengan patwal kita pun mengayuh menuju jogja. Namun etape yang diharapkan mudah ternyata tidak semudah perkiraan, cuaca yang sangat panas terik matahari yang menusuk kulit dan angin kencang menjadi hambatan baru bagi tim. Tenaga yang ada lebih cepat terkuras dengan banyaknya keringat yang kita keluarkan, untunglah ada tim feeding yang selalu mensuport nutrisi kita. Pada kesempatan ini pula kita mulai melakukan penyesuaian, saat rolling kedepan dan kebelakang, menyamakan ritme kayuhan, dan menyempurnakan formasi peloton. Tiba di jogja sekitar pukul 12, kita menuju ke penginapan yaitu hotel Galuh yang terletak sebelum prambanan. Kita pun segera menuju ruang pers conference, untuk beramah tamah.
Ada yang unik sebetulnya dari etape 1 dan 2 ini, yaitu satu lagi tamu kehormatan yang mengawal kita, yaitu "Mr. Yos" dia adalah atasan ninrum di kantor, karena dia adalah orang belanda so pada dasarnya di suka bersepeda. Dan begitu tahu ningrum mengikuti event srikandi ini ,maka dia pun sangat mensupport bahkan mengawal sampai jogja!! Meski pada awal niatnya Cuma sampai Jepara - solo, ternyata dia terbujuk juga untuk lanjut jogja -solo. Kehadiranya ternyata memberi warna dan semangat tersendiri bagi para srikandi. Terimakasih Mr. Yoss atas pengawalanya :D

Setelah pers conference kita pun beristirahat sebentar dan bersiap untuk acara selanjutnya yaitu meet and greet dan nonton bareng para pengguna sepeda cleo di XXI jogja. Sekaligus untuk makan malam. Di etape kedua ini pula kita berkesempatan untuk mengistirahatkan kaki kita, karena ada jeda satu hari. Dimana kita tidak gowes, pada hari berikutnya.
Day #4 Senin 23 April 2012.
Pada Hari ini kita berkesempatan untuk berziarah ke makam Nyai Ahmad Dahlan yang terletak di kompleks Masjid Agung jogja, di kampung kauman. Kita juga mengunjungi TK yang didirikan oleh beliau. Dan kita pun beramah tamah dengan keluarga Beliau. Banyak cerita yang kita dapat mengenai Nyai Ahmad Dahlan dan Kampung Kauman, juga kuliner Khas kauman.

Acara berlangsung sampai siang hari, dan kita pun mendapat jamuan makan siang di EF, setelah selesai kita pun kembali ke hotel. Pada sore hari ada acara pilihan yaitu gowes mengunjungi beberapa candi yang terletak dekat penginapan. Sebagian besar teman - teman memilih untuk beristirahat. Maka yang ikut pun hanya sedikit, aku, ningrum, om putut, om dewa, dewi, bu dokter, dan assisten doker mas danang. Kita pun mengunjungi candi plaosan.

Sayangnya karena sepeda tidak boleh masuk ke prambanan maka kita pun memutuskan untuk makan sate goreng saja di dekat prambanan. Setelah puas kita pun kembali kepenginapan dengan jadwal yang telah ditentukan. Kita pun makan malam bersama dan briefing sejenak untuk evaluasi dua etape yang telah dilewati. Selesai brifing kita pun kembali kekamar masing masing untuk istirahat.

Day #5 Etape 3 Jogja - Purworejo - Gombong 134km 24 April 2012
Bisa dibilang inilah etap akhir dari jalanan  flat..!! Karena memasuki Majenang sampai bandung medan berupa jalan roling naik turung dan tanjakan. Seperti biasa kita pun telah siap dan berkumpul untuk sarapan sekitar pukul 6 pagi. Setelah menaruh barang kita pun sarapan bersama, kemudian tidak lupa kita cek kesehatan brifing dan pemanasan untuk etape hari ini. Selesai kita pun bersiap gowes dari prambanan menuju balaikota Jogja untuk dilepas menuju Gombong.

Sempat bertemu dengan teman teman JFB dan juga imam yang akan ikut gowes sampai gombong. Pada etape ini medan relatif flat, dengan beberapa jalan roling yang tidak menjadi masalah. Namun panas terik matahari dan juga angin lah yang sekali lagi menjadi kendala kali ini. Sampai di purworejo kita mendapat jamuan makan siang dari bupati purworejo di pendopo. Dan kali ini aku kebagian memberi sambutan mewakili jawa tengah hadeeeh... Selesai makan siang kita pun beristirahat untuk sholat dan kemudian kita lanjut menempuh terik dan angin menuju gombong. Tiba di gombong sore harinya, kita menuju ke penginapan kita yang sedikit unik yaitu Beteng Van Der  Wick, sebuah benteng peninggalan belanda yang diolah menjadi penginapan dan resort tanpa menghancurkan bentuk asli beteng tersebut. Maka tiba di penginapan kita pun disambut oleh para srikandi bersepeda dari gombong dan juga para pejabat pemerintah setempat, setelah sedikit acara protokoler.
Kita pun menikmati jamuan yang ada dan menuju ke kamar masing masing untuk istirahat. Malam harinya kita pun mendapat jamuan soto khas gombong. Dan juga hiburan organ tunggal di kesempatan ini pula kita bisa mendengarkan suara manis simbok yang menyumbangkan sebuah lagi dan suara om dewa yang benar benar menyumbangkan sebuah lagu :D selesai acara kita pun kembali ke kamar untuk beristirahat.

To Be COntinued .....

1. well ... kalo kita bikepacking Solo - Jogja - Purworejo - Gombong butuh berapa hari? kalo ga pake explore masing-masing kota -- straight to Gombong -- 'cuma' butuh dua hari ya?
    hari pertama : Solo _ Jogja
    hari kedua : Jogja - Purworejo - Gombong?
    baru di Gombong nya kita explore.
    hmmm ... aku kepengen ke Pantai Ayah, Goa Jatijajar dan sekitarnya ...
    kalo gowes ke Surabaya-nya sok Juni ga jadi, I will be free from any teaching schedule 24-30 June 2012.