SLIDER

Monday, April 25, 2011

Gowes Mlongo kudus-pati-bangsri-Jepara

Gowes Kudus-Pati_bangsri-Jepara 23 April 2011

memenuhi request para penulis, sekarang saya mencoba menulis pengalaman gowes kudus sampai mlongo sabtu 23 april 2011 kemarin. dengan tema gowes duka untuk fukushima yang juga diperuntukan untuk menolak pembangunan PLTN di semenanjung muria.

rombongan penggowes di bagi menjadi tim inti yang terdiri dari 25 orang : 5 fixie (boys), 3 seli (all girls ;p), 17 mtb (om2), dan 100 pengiring peseoeda dari kudus. pukul 06.00am kita mulai kumpul di alun-alun kudus, dimana sudah banyak para pesepeda yang sudah berkumpul, setelah disambut dengan atraksi BMX dan sesi foto-foto bersama. rombongan pun mulai diberangkatkan. etape pertama adalah 25 km menuju pati. waooow baru mulai saja kita sudah harus mengejar mobil foorjrider yang memacu mobil dengan kecepatan lumayan kencang, dengan kecepatan yang lumayan membuat ngos2an ktia mulai meninggalkan kota kudus, tanpa mengurangi kecepatan team pengiring (yang untungnya adalah terdiri dari bapak2 pembalap) justru memacu sepeda mereka dengan sangat kencang hingga menyalip team inti yang harusnya dikawal :p.
akhirnya kita pun harus memacu seli kita untuk menyusul para peseda balap itu, dan akhirnya kurang lebih 1 jam kita pun tiba di alun2 kota pati. kita pun istirahat sebentar dengan snak ringan untuk mengisi perut. setelah 30 menit kita pun melanjutkan etape kedua sejauh 10km menuju balai desa(lupa). sebagian team pengiring kembali kekudus, untuk etape kedua ini kecepatan kita lumayan konstan,isitrahat kedua di pos polisi(lupa). kita melanjutkan perjalanan etape ke-3 menuju tayu 20km, sekali lagi kita pun harus berpacu dengan om2 pembalap, ditambah tanjakan dan turunan plus bonus terik matahari yang membakar kita, cukup membuat kita berkeringat, sebelum masuk tayu kita istirahat sebentar dan sangat terasa sekali kita terbakar, kitapun lanjut dengan kecepatan konstant (terimkasih buat nte elvi yang request secara pribadi ke pak polisi agar memelankan mobil hihihi) tepat sebelum jam 12 pun kita sampai di tayu, kita punya kesempatan istirahat cukup lama untuk makan sholat, karena dari tayu kita harus loading sepeda untuk menuju ALASKA(alas karet/hutan karet) 25km.team pengiring loading pulang kekudus, dan 25 orang tim inti loading ke-etape selanjutnya, dari dalam mobil kita cukup aman dari tanjakan dan tikungan tajam :D. 30menit kemudian kita tiba di alaska, dengan pembandangan yang cukup indah,

tiba di Alaska kita pun mereload sepeda sambil berfoto2 ria. setelah semua siap kita menuju etape ke-4 menuju ponpes di bangsri 18km. kita pun menyusuri alaska yang memang berupa perbukitan sudah pasti berupa tanjakan dan turunan tajam beserta tikungan-2nya. tapi kita cukup bersemangat dengan dikelilingi pemandangan indah pohon2 karet, dan jalan yang cukup luas untuk menyusuri turunan, tapi di 7 km terakhir, kita ditantang dengan tanjakan yang konstan memanjang, beberapa tanjakan dapat kita laluli (3seli lulus tanpa TTB, hanya insiden kecil nte elvi yang pengen main2 ma om polisi).

jam 2.30 kita tiba di bangsri jauh lebih awal dari jadwal, karena jam 18.00 akan ada acara hiburan maka kita punya banyak waktu untuk istirahat, yang sebagian diisin dengan tidur, makan (terus), mandi ganti baju (yang sudah penuh dengan keringat dan untungnya kita semua diberi 2 kaos buat ganti). sore hari beberapa penyambut dari jepara datang dengan truk (sebagian onthel, mtb dan fixie) mereka bertugas mengiringi etape terkahir sampai jepara. malam harinya setiap sepeda tim inti diberi obor, dan kita akan menggowes dengan obor di sepeda kita sampai jepara, pukul 19.00 kita mulai bersiap untuk etape terakhir bangsri-jepara 20km .
well setelah mandi dan istirahat kita bersemangat dengan energi baru, yang ternyata kita sudah disambut dengan lagi2 tanjakan curam, kali ini dengan jalan yang rusak parah dengan banyak lubang dan lebar. di beberapa kilometer terakhir kita sangat tersiksa dengan tanjakan yang puaanjang tinggi dengan turunan curam yang berlubang sangat berbahaya bagi pesepeda dimana jalan tersebut sangat ramai dengan truck. di tanjakan terakhir sebelum masuk kota jepara,(lumayan panjang hampir 1km) sudah kurasakan ada yang salah dengan ban ku(kempes) dengan masih tetap menggowes (no TTB) di hampir ujung tanjakan ternyata sudah ada cipluk dan beberapa tim inti yang berhenti, sambil menunggu nte elvi, kita pun mengambil vote untuk lanjut atau loading (dengan terlalu bahayanya medan) akhirnya kita putus kan untuk loading (hiks hiks our first loading). yang tadinya kita loading untuk masuk kota jepara, tapi karena si ketua bangsat yang ternyata juga sudah loading dengan pick up orang, kita pun pindah ke pick up dan melanjutkan perjalanan ke kota jepara dengan menikmati angin malam di atas pick up. sampai di alun2 kita reload sepeda dan mulailah ceremony penyerahan wayang pada paniatia yang sudah menyambut. finally our journey is finish yeaaaah dan i'm glad 3 orang cewek berseli ini tidak kalah dengan 22 om om dengan sepeda beroda 26/700 untuk menakllukan medan kudus-pati-tayu-bangsri-jepara(mlongo). setelah ceremony kita pun loading untuk kembali kekudus, sebelumnya sudah tentu makan malam dulu .. horeeeeeeeeee.....
so that's it our journey to jepara, it was fun, danger and fun ... sampai di kudus untunglah tidak harus gowes sampe rumah cipluk karena kita udah terlanjur PW so kita minta di anter ampe depan gang. mandi bobo deeh

keesokan harinya kita packing dan menikmati CFD kudus karena disini aku kebagian tugas sebagai photographer untuk mengabadikan kegiatan di CFD, sedang cipluk mengurusi lomba lomba yang ada. setelah CFD selesai dan tugas memotret pun selesai, kita mampir di omah mode untuk berenang melepas penat. karena aku tidak terlalu suka air, makan hanya tante elvi yang turun berenang sedang aku dan cipluk cukup menikmati suasana dipinggir kolam. sekitar pukul 12 kita pun menuju warung garang asem untuk makan siang, setelah selesai kita menuju terminal untuk kembali ke semarang. untunglah kali ini kita masih tetap dapat bagasi. tiba di terboyo aku berganti naik bus patas ke solo sedang tante elvi gowes ke sampangan.

begitulah akhir pekan yang sekali lagi dihabiskan untuk menikmati gowes antar kota :D