SLIDER

Friday, July 4, 2014

Bikepacking Blitar Day-2 Holyday Yaay

Blitar Day 2  30 Juni 2014

Seharusnya hari kedua ini kita sudah gowes menuju malang melanjutkan perjalanan namun berniat menikmati liburan kita dan setelah menghitung budget dan juga menyadari banyak tempat yang belum kita kunjungi, maka kita pun memutuskan untuk tinggal di Blitar lebih lama satu hari lagi. Menikmati pagi hari di Blitar kita pun bangun cukup pagi, dan menikmati pagi hari di balkon hotel. Setelah bersiap dan berbekal peta wisata Kota Blitar yang sudah aku cetak sebelumnya, kita pun mencoba mengunjungi tempat - tempat menarik di kota Blitar. Tempat pertama adalah Klenteng yang terletak di dekat alun - alun namun tidak kita temukan, maka kita pun kembali mengunjungi museum bung karno. Kali ini kita pun masuk ke perpustakaan menikmati suasana sepi dari satu lantai ke lantai selanjutnya, kita juga mencoba ruang digital library dimana kita dapat melihat video dokumenter mengenai Indonesia dan Soekarno dari komputer yang terhubung dalam suatu LAN. Selain itu kita juga duduk membaca majalan yang menarik bagi kita. Setelah berlama - lama di perpustakaan.
Kita melanjutkan ke museum Bung Karno yang berada satu kompleks dengan perpustakaan, di dalam museum berisi  lukisan - lukisan bung Karno dan Bung Hatta juga beberapa artikel koran dan foto - foto  tentang kegiatan mereka.

Setelah puas menikmati museum bung Karno kita menuju obyek selanjutnya yaitu museum Peta dan Juga Istana Gebang, dalam perjalanan kita melewati Kebon Rojo   yang juga ada dalam list wisata di peta kita. Maka kita pun menyempatkan diri untuk menikmati taman kota yang terletak di daerah kompleks balaikota blitar. Di kebon rojo merupakan taman kota yang bisa dipakai untuk bersantai dan juga terdapat beberapa hewan penangkaran, selain itu juga ada juga yang menyewakan skuter untuk anak - anak bermain.
kebon rojo

Setelah cukup menikmati kebon rojo untuk istirahat dan bernarsis ria, kita melanjutkan perjalanan menuju Istana Gebang  yang terlekak dijalan Sultar Agung nomor 69 Blitar. Istana gebang merupakan rumah dari orang tua bung karno sebelum menjadi Presiden RI. Berada di atas lahan seluas dua hektar terdiri dari bangunan rumah utama, gedung kesenian dan rumah penginapan untuk tamu yang berkunjung. Untuk masuk kedalam rumah yang sudah dijaga dari dinas wisata dan beberapa yang bersih - bersih kita cukup mengisi buku tamu tanpa membayar retribusi. Didalam rumah yang masih dirawat bentuk dan perabotanya kita akan dibawa menjelajah waktu saat Soekarno dan keluarga masih kecil hingga remaja. Menyusuri tiap sudut rumah, kamar dan perabotan merasakan angin semilir yang berhembus dari sela - sela jendela membuat ku teringat semasa kecil saat berkunjung kerumah nenek ku yang berada di Banyuwangi Jawa Timur. Didalam istanan Gebang kita pun dapat menemukan mobil kuno Bung Karno dan juga Sepeda Onthel yang dipakai untuk memboncengkan ibu Fatmawati.
didalam rumah bung karno

istana gebang
Dari Istana gebang kita kemballi berburu Monumen Peta ,  kita sempat kebingungan menemukan monumen ini yang ternyata terletak di halam suatu kompleks sekolahan meskipun terletak di Pinggir jalan raya. Kita pun cukup bernarsis ria di Monumen Peta. Disekitar kawasan monumen ada  warung - warung penjaja es kelapa muda dan juga rujak dan krupuk sambel, tergoda dengan kesegaranya aku pun memutuskan untuk membeli rujak dan es kelapa muda yang dibungkus untuk berbuka nanti. Usai dari monumen Peta kita tidak langsung kembali ke penginapan, namun kita memutuskan untuk menikmati waktu ngabuburit di alun - alun kota blitar.

monumen blitar

rujak krupuk blitar

aloon - aloon blitar

Sekitar hampir 4 sore kita kembali ke hotel untuk mandi dan berbuka dengan es kelapa muda dan rujak dan kerupuk sambal khas blitar. Untuk makan berbuka kita memutuskan untuk makan di warung seafood yang terletak sangat dekat dari hotel. Setelah dijamu dengan menu koloke dan capcay kuah yang segar kita melanjutkan berjalan kaki menuju alun alun dan benar - benar menikmati malam liburan kita di blitar, untuk selanjutnya kita kembali berisitirahat di hotel