SLIDER

Wednesday, March 13, 2013

Hello Monkey - Gowes Ke Goa Kreo

Goa kreo memang masuk sebagai salah satu daftar destinasi gowes semarangan yang ingin aku kunjungi sedari dulu. Namun dikarenakan jadwal kuliah yang semakin padat dan semakin serius sehingga sulit untuk bisa bolos, maka aku pun susah mendapatkan kesempatan untuk dapat gowes ke tempat ini. Goa kreo sendiri terletak di desa sadeng gunung pati, sebelah utara semarang. Akhirnya pada tanggal 10 kemarin pun aku berkesampatan untuk gowes ke goa kreo, dikarenakan kuiiahku libur pada hari minggu kemarin, sehingga aku dan miss nana ada kesempatan gowes.

Dan setali tiga uang miss nana yang mendapat undangan nikahan dari temenya di daerah kalipancur yang notabene satu rute dengan goa kreo maka otomatis goa kreo pun menjadi destinasi gowes minggu ini. Sebelumnya ketika kita ke ngrembel yang juga terletak di gunung pati kita mengambil rute Manyaran yang mempunyai tanjakan yang killing hardly meski elevasinya tidak terletak ribuan meter diatas permukaan air laut. Pada minggu kemarin kita mengambil rute sam poo kong, gedung batu, hingga pertigaan kali pancur meski dengan trek yang lebih bersahabat namun tetap dengan tanjakan yang tidak setajam manyaran. Dari pertigaan kali pancur, kita mendapat bonus turunan hingga jembatan kali pancur dan check point pertama kita yaitu pemukiman hollywood alias perumaah Grand Green wood.

Dari cek point inilah trek akan bertipe pegunungan alias tanjakan dan menanjak halus tidak lupa dengan selingan turunan fatamorgana yang akan membawa kita pada tanjakan yang lebih lanjut. Dengan kondisi kesehatan yang sebetulnya masih ragu - ragu karena hampir sebulan perut ini tidak bisa diajak kerja sama, sempat membuat ku putus asa dalam melewati setiap tanjakan yang ada, namun setelah bertekad pelan - pelan saja menuju goa kreo, kita pun kembali melanjutkan perjalanan. Mood ku sempat kemabli down ketika mengetahui hood lensa kameraku terjatuh dijalan..dhoooh :( .

Akhirnya kita pun tiba di di daerah sadeng gunung pati, setelah bertanya pada anak - anak yang sedang asyik bermain, beberapa ratus meter kemudian kita tiba di gerbang masuk area wisata Goa Kreo, namun sayang kita harus kembali kecewa melihat pengumuman bahwa obyek wisata goa kreo di tutup sementara sampai bulan April karena adanya pembangunan Jembatan. Kita pun sempat memutuskan kembali saja,, namun melihat mobil dan motor yang memasuki area wisata, kita memutuskan untuk ikut masuk dan melihat dulu masih bisakah kita menikmati obyek wisata atau tidak.

Memasuki jalur wisata goa kreo kita disuguhi turunan tajam yang disambut dengan tanjakan tajam hingga memasuki perkampungan penduduk, yang sepertinya adalah desa wisata sentra pembuatan tape. Setelah bertanya dengan penduduk sekitar kita pun akhirnya tiba di obyek wisata Goa Kreo dan langsung disambut oleh sekelompok monyet yang sepertinya telah terbiasa dengan kehadiran manusia. Bahkan mereka sudah mengenali bahwa tas Plastik(kresek) yang kita bawa berisi makanan (mereka langsung mendekati si pembawa tas :p). Namun sayang kita tidak dapat masuk lebih dalam yaitu treking menuju Goa Kreo yang konon merupakan goa tempat pertapaan Sunan Kalijaga. Kita hanya bisa nongkrong di tempat parkir yang cukup luas dan banyak warung - warung yang menjual makanan dan tentu saja kacang untuk memberi makan si monyet.

Akhirnya kita pun istirahat sambil bermain dan memberi makan para monyet. Hingga sekitar 10.30 kita memutuskan untuk kembali dan menghadiri pernikahan teman miss nana di daerah kali pancur. Tentu saja trek pulang kita akan kembali disuguhi oleh tanjakan hingga perkampungan sadeng, menuruni jalan gunung pati dari sadeng aku mengatur kecepatan sepedaku tidak terlalu cepat karena aku ingin mencari kembali hood lensa kameraku yang terjatuh dan akhirnya aku menemukanya kembali .. Yaaaay :D Tanjakan terakhir tentu saja setelah perumaah green wood tanjakan jembatan kalipancur, hingga tiba di rumah teman miss nana, kita yang naik sepeda dengan kostum seadanya sempat ditegur oleh bapak linmas karena jalan ditutup untuk hajatan kita diminta lewat jalan laiin, lha pak kita kan datang buat hajatanya ..

Akhirnya setelah memastikan itu benar rumah teman miss nana, kita kembali keluar dan membersihkan diri di masjid terlebih dahulu, kemudian menghadiri pesta pernikahan plus menikmati makan siang gratis dan selesai acara kembali ke kost kita pun tinggal mendapat bonus turunan diselingi sedikita tanjakan halus.