SLIDER

Tuesday, March 26, 2013

Gomingpay Unes - Seleksi Srikandi Inspirasi Bagi Negeri Jilid 3

Srikandi Inspirasi Bagi negeri adalah salah satu event presticious bagi para wanita yang menyukai sepeda dan juga ingin menyuarakan kesetaraan. Adalah event sepeda  tahunan yang digelar oleh Bike to work Indonesia untuk memperingati hari kartini, dimana 21 perempuan se-Indonesia menempuh ratusan kilometer dengan sepeda sebagai kilas balik perjuangan para pejuang wanita yang ada di-Indonesia, setelah dua tahun berturut - turut event ini diselenggarakan di Pulau Jawa, Tahun ini para Srikandi berkesempatan untuk mengenal perjuangan para pahlawan wanita dari pulau Sumatra. Tahun ini Srikandi Inspirasi Bagi negeri menempuh Jarak hampir 1400km dari Aceh Hingga Padang. Jika tahun lalu aku berkesampatan menjadi salah satu Srikandi Inspirasi Bagi Negeri Jilid 2, menempuh jarak 600km + dari Jepara Hingga Bandung. Maka tahun ini aku tertarik utnuk bisa berkunjung ke Pulau Sumatera.

Seleksi untuk perwakilan Jateng memang dijadwalkan pada tanggal 9/10/12 Maret, namun rencana tersebut mundur dan akhirnya dilakukan pada hari minggu 17 Maret 2013. dan mengambil tempat di Semarang (Syukurlah :D ). Karena aku sudah hampir mengenal rute yang ada di semarang (kota dengan 90% surga tanjakan). Seleksi kali ini diikuti oleh 6 Peserta, aku mewakili Solo, Miss Nana Podungge Mewakili Semarang, Sri Hardaningrum Sragen, Endah mewakili Jepara, Bunga Mira dari Magelang, dan Tante Nana dari Gombong. Dan dipimpin oleh om Irwan yang ditunjuk sebagai koordinator Jawa Tengah oleh Bike to Work Pusat.

S
Pada Hari H kita pun berkumpul di meeting point yaitu di depan A** Hardware di daerah simpang lima. Ternyata kita tidak sendiri sudah ada beberapa laki - laki yang sepertinya akan menjadi marshal, dan juga beberapa teman dari komselis yang akan bergabung menemani kita gowes. Sebelum kita mulai gowes, om Irwan memberi pengarahan dan juga menekankan bahwa ini bukanlah kompetisi namun hanya bersepeda latihan bersama. Kita pun mulai start sekitar 6.30, menyusuri jalan pahlawan dengan sedikit tanjakan menuju jalan veteran . Tiba di jalan Jl. S. Parman, kita menikmati salah satu tanjakan di semarang yaitu Tanjakan rinjani - menuju jl Sultan Agung degan tanjakan halusnya. Dari sultan agung kita belok ke arah kanan Menuju Jl. Semeru di samping Akpol, menuju GOR Jati Diri, trek kali ini masih diwarnai dengan berbagi tanjakan.

Dari Gor Jati diri kita menuju UNIKA tentu saja kita akan dimanjakan dengan Turunan Panjang namun Tajam dan sedikit berbahaya hingga jembatan Besi Sampangan. Jangan Salah mengira bahwa dengan turunan tadi semua tanjakan telah hilang. Karena perjuangan sebenarnya barulah dimulai. Dari jembatan besi kita menuju UNES yang merupakan salah satu rute tanjakan favorit para pembalap sepeda untuk berlatih, karena berupa tanjakan panjang (4Km) dengan menempuh elevasi 300mdpl. Apalagi di awal tanjakan sudah sangat tajam hampir vertikal, yang akan membuat kita terengah - engah. Praktis para srikandi pun harus mulai mengatur tenaga. Dan ternyata para lelaki yang seharusnya menemani kita, justru ternoda oleh adrenali mereka untuk menaklukan tanjakan UNES ini dengan memacu sepeda mereka sekencang - kencangnya - Bagus!!. Aku yang sudah tahu rute ini (beberapa kali gowes ke UNES) dengan tanpa beban dan ngoyo, tetap meengayuh pedalku menikmati setiap tanjakan hingga tibalah kita di gerbang UNES. Bunga dan endah yang lebih dahulu sampai tampakk sedang duduk mengistirahatkan tubuh, aku mencoba mendinginkan tubuh dengan gowes santai masuk ke kampus UNES :p, hingga akhirnya miss nana tiba dan mengajaku untuk bernarsis Ria di gerbang UNES :p namun yang lain tampak males ya hii hii ga senarsis kita :D . di Unes kita istrahat sebentar sambil menikmati Apel yang dibawa om irwan :D

Rute dilanjutkan melewati Gunung Pati menuju Ungaran,  dengan trek yang rolling. Hingga sampailah kita di alun - alun ungaran. Kita pun menuju warung makan, tempat om irwan dan temann - teman sepedanya biasa sarapan. Yay akhirnyaaa waktunya makaaaan .... Aku benar - benar sudah kelaparan dari tadi gowes sejauh dan setinggi itu belum sempat sarapan sangat menanti waktu ini. Namun ternyata para - teman - teman yang sudah kekenyangan dengan tanjakan, malu - malu untuk segera menuju warung dan sarapan. Yah apa boleh buat aku pun dengan sedikit memaksa miss nana ke warung untuk sarapan :D. Selesai sarapan kita kembali melanjutkan rute melewati kota ungaran menuju semarang. Yess rute ini akan penuh dengan turunan (Rute Hapalan karena ini adalah rute bike to campus ku :D).

Tiba di semarang, kita berkumpul di patung kuda (gerbang masuk Undip) di jalan pahlawan untuk kemudian berpisah. Namun siangnya, saat yang lain sedang istirahat, aku dan miss nana harus kembalil gowes, karena miss nana harus mengembalikan sepeda yang tadi dia pakai gowes kepada henry si empunya. Gowes kemanakah kita ? Ke banyumanik yang nota bene adalah semarang atas, dan tentu saja nanjak lagiii hroeeee... Kali ini kita mengambil rute dari s.parman melewati tanjakan Gajah Mungkur yang lebih Curam (aku memaksa memilih rute ini karena lebih dekat dibanding rinjani :p). Menuju kali wiru, teuku umar dengan tanjakan curamnya,, dan tentu saja Tanjakan Gombel horeee ....

Setelah menukar MTB henry dengan Austin (sepeda lipat yang akan kita pakai besok paginya) kita kembali turun ke kota :D.

WH.27.03.2013.08:05.

Catatan.
Meski judul nya adalah Seleksi wilayah Jateng. Namun aku tidak membebani diriku bahwa ini adalah seleksi. Aku sangat menikmati gowes bersama kali ini, karena bisa bertemu kembali dengan Om Irwan yang meski domisili di semarang kita tidak pernah ketemu maupun gowes bareng (padahal om irwan yang protes gowes ga pernah ajak - ajak :p). Bisa gowes bersama teman - teman srikandi dari luar kota. Gowes yang penuh dengan kegembiraan rasanya sangat menyenangkan. Bagiku its nothing  to loose, mau terpilih jadi srikandi atau tidak toh aku sudah mendapat kehormatan itu tahun lalu, ini saatnya teman - teman juga berkesampatan napak tilas perjuangan para pejuang wanita di sumatra.  Thanks semua yaa. Selamt buat Endahh yang mewakili Jateng, jangan lupa oleh - olehnya yaaa, juga kaos nya hii hiii :D

Meski latihan bersama telah usai, sangat berharap kita bisa berkumpul dan gowes bareng lagi.

NB. Hari senin setelah latihan aku dan miss nana melanjutkan gowes bikepacking membelah pegunungan jawa tengah ke purwokerto :D