SLIDER

Tuesday, March 13, 2012

Sensasi Adrenalin Jembatan Londo waduk cengklik

BERMAIN ADRENALIN GOWES MENYUSURI JEMBATAN LONDO

sudah sejak lama sebenar nya aku ingin membuat catatan maupun foto tentang jembatan londo ini, namun tidak pernah bisa terpenuhi hingga akhirnya om tri(ketua B2w semarang) memposting photo tentang jembatan ini kemarin. jembatan londo terletak di daerah bolon kartasura sukoharjo. Jembatan londo terletak diatas kali pepe menghubungkan kampung bolon yang terletak di selatan sungai dan kampung ngresep di utara sungai.


Disebut jembatan londo karena menurut penduduk setempat jembatan ini adalah jembatan warisan buatan belanda yang masih bertahan sampai dengan sekarang. jembatan londo sebenar nya bukanlah jembatan penyeberangan untuk manusia, namun jembatan ini dibuat untuk menyebarangkan air dari saluran sungai irigasi yang terletak di kampung selatan ke bagian utara, yang terpisah oleh kali pepe. namun entah sejak kapan penduduk setempat berinisiatif memasang papan, di atas jembatan untuk digunakan menyeberang.




jembatan londo dialihfungsikan untuk penyeberangan penduduk hal ini mungkin dikarenakan untuk membuat jalan pintas sebab bila penduduk dari sebelah utara mau ke daerah selatan ataupun sebalikanya jika lewat jalan raya harus memutar melewati wilayah TNI AU dengan menempuh jarak sekitar kurang lebih 8km. papan yang dipasang pun sengaja cuma sebilah, mungkin agar penduduk menyeberang satu persatu tidak berebutan sehingga membahayakan satu sama lain.

Jembatan londo adalah jembatan dari kerangka besi yang dibawah nya terdapat saluran air yang melintang diatas kali pepe. dengan panjang sekitar kurang lebih 50meter dan lebar kurang lebih 1.5meter. Kerangka jembatan londo terbuat dari besi baja, dan diikat oleh kawat baja. meski sudah berabad abad lamanya, dan warna yang sudah nampak kecokelatan karena karat, jembatan ini masih berdiri kokoh. ketika kita berada diatas jembatan atau melewati nya tidak terdengar bunyi derit besi yang bergesekan atau terasa bergoyang goyang. disalah satu sisi jembatan, selain ada kawat baja penyangga jembatan, juga terdapat kawat yang melintang sepanjang jembatan yang dapat dipakai untuk pegangan para penyeberang.




jika kita berada di jembatan ini pada pagi hari, siang atau sore hari, kita akan melihat pemandangan biasa, anak anak sekolah yang terbiasa menyeberang jembatan ini baik berjalan kaki maupun bersepeda. juga ibu-ibu atau bapak bapak dengan sepeda bronjong nya yang juga menyeberangi jembatan ini. tidak hanya berjalan kaki, ataupun bersepeda. bahkan penduduk sekitar sudah terbiasa menaiki motor melintasi jembatan ini.




melintasi jembatan londo dengan satu buah papan saja menyeberangi kali pepe mungkin sangat menantang bagi sebagian orang yang belum terbiasa, tapi jangan khawatir kita bisa menuntun sepeda, maupun menaiki sepeda dengan berpegangan. sambil menikmati pemandangan kali pepe dari atas.


setelah melewati jembatan ini, kita bisa menyusuri desa dan membawa kita ke wisata waduk cengklik dimana waduk ini sering dijadikan tujuan para pesebeda. ada alternatif jalan yaitu lewat jalan halus melewati perkampungan, atau lewat jalan setapak menyusuri saluran irigasi. jalan setapak tentu saja jalan tanah yang berumput dimana bila turun hujan jalan ini akan sangat becek dan berlumpur :p




waduk cengklik terletak tidak jauh dari bandara salah satu waduk yang terletak di karesidenan kota solo ini memang mempunyai pemandangan yang cukup bagus. dimana setiap pagi atau sore terumata hari minggu banyak pesepeda yang mampir kesini.



Jadi temans jika kamu ingin mencoba melewati jembatan ini sekali sekali datang lah ke solo, kita bersepeda menyusuri jembatan londo :D

0 comments:

Post a Comment