SLIDER

Thursday, June 30, 2011

XC Banyumeneng

untuk pertama kalinya akhirnya aku bisa mengikuti XC bersama teman teman banyumeneng mountain bike. setelah di tawari miss nana karena teman teman banyumeneng akan mengadakan XC pada hari Rabu tanggal 28 Juni. aku pun datang kesemarang bersama bernard. maka untuk pertama kalinya bernard masuk bagasi bus patas tujuan semarang. maka aku pun melepas kedua roda ban bernard, frame dan rodanya untunglah muat masuk bagasi bus. dan kondektur pun tidak meminta bayaran bagasi. di semarang pun aku turun di kaligawe dan ketemuan dengan miss nana. malam itu kita tidak banyak keliling kota hanya mencari makan malam, dan berkumpul dengan teman teman komselis di mabes dan diajak makan malam lagi untuk kemudian mengikuti rapat kecil membahas acara funbike komselis yang akan diadakan tanggal 3Juli nantinya,

setelah selesai kitapun kemudian kembali kerumah masing masing dan aku menginap di kost tante elvi seperti biasa.
keesokan harinya aku dan miss nana janjian bertemu di depan RS karyadi, setelah bertemu kita pun menunggu Tami untuk ikut beergabung XC kali ini. setelah tami datang kita pun segera berangkat untuk menuju tempat pertemuan selanjutnya dengan asrul di omo bensin kedung mundu. maka dari karyadi kita pun menuju kedung mundu melewati pasar sapi. jalan semarang kekedung mundu penuh dengan tanjakan. untunglah bernard mampu membawaku melewati semua tanjakan dengan aman. di pom bensin kedungmundu. kita bertemu dengan asrul dan menunggu beberapa peserta lain yang akan ikut. setelah semua berkumpul kita pun menuju tempat pertemuan berikutnya di sebuah minimarket di daerah banyumeneng.

setelah bertemu dengan teman teman banyumeneng di minimarket, maka perjalanan pun dilanjutkan menuju bukit banyumeneng. karena ini XC maka trek nya pun setelah tiba dibanyumeneng kita disuguhi tanjakan banyumeneng yang terjal panjang dan tinggi. karena tujuan kita pertama adalah puncak banyumeneng. untuk pertama kali aku agak kesulitan dengan tanjakan ini karena penuh dengan batu, meski aku sudah terbiasa dengan tanjakan terjal namun yang biasanya adalah jalanan aspal mulus dengan pockie.

sekarang jalan nya yang berbatu cukup membuatku kesulitan untuk menaklukanya. sukses melewati tanjakan terjal pertama kita pun beristirahat sebentar. miss nana yang sebelumnya telah melakukan bikepacking terlihat agak kepayahan, mungkin masih kecapekan karena 4hari berbikepacking ke jogja. maka terkadang aku kembali turun untuk menaikan orange membantu miss nana melewati tanjakan. tami meski masih sma tapi cewek ini dapat dengan mudah melewati semua tanjakan dengan diamante 24 nya, setelah tanjakan terjal pertama kita harus mendaki menanjak bukit kembali.

setelah tanjakan kedua kita beristirahat di tanah lapang dan beberapa peserta berlatih melompat di gundukan. perjalanan kita lanjutkan melewati jalan kecil di tengah pepohona, aku suka trek ini karena mengingatkanku pada trek ketika downhill. menyusuri hutan kita tiba di perkampungan, seperti biasa jalanya adalan menanjak. kemudian kita melewati hutan bambu. karena aku belum tahu trek hutan bambu ini, maka aku lebih bain menuntuk sepeda menemani miss nana dan tami. tapi terkadang aku juga tidak tahan untuk menggowes bernard memacu adrenalin. melewati hutan bambu memang trek yang cukup berbahaya tapi menyenangkan. kita pun beristirahat di sebuah warung setelah menuruni turunan tajam berbatu.
perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri persawahan dan menuju perkampungan, melewati perkampungan kita akan menyeberangi sungai, untunglah sungai sedang surut sehingga air tidak terlalu dalam. maka "kita" pun menggedong sepeda masing masing menyeberangi sungai, untunglah asrul berbaik hati menggedong sepeda sepeda kita :p

usai menyeberangi sungai kita pun kembali melanjutkan perjalanan, trek kali ini hanyalah jalan kampung dan persawahan karena sudah usai.tidak lupa kita pun kembali mampir disebuah warung untuk istirahat dan sekedar makan atau ngemil gorengan,
dan tami pun mengeluarkan bekal mie goreng nya. setelah selesai kita pun kembali menuju minimarket yang tadi, dan berpisah untuk kembali ke rumah masing masing.
aku tami dan miss nana kembali ke kedungmundu untuk kembali ke kota, di karyadi kita pun berpisah dengan tami dan miss nana mengajak ku mampir di rumahnya, setelah membersihkan diri dan mandi, miss nana mengajak ku untuk mencuci sepeda. usai mencuci sepeda kita pun makan siang di warung martabak dan ayam yang terletak di belakang BI. selesai makan siang aku pun kembali ke kost tante elvi untuk menunggu travel kembali ke solo di malam harinya.
yah inilah pengalaman XC bersama teman teman banyumeneng entah kapan lagi bisa menyambangi banyumeneng atau wonolopo yang dijanjikan om nasir..