SLIDER

Saturday, December 31, 2011

Bikepacking Akhir Tahun TawangMangu Day 2

DAY 2 30 December 2011
Hari kedua bikepacking tawang mangu. setelah kemarin seharian mendaki dengan pockie dan snowwhite ke tawangmangu. pagi hari ini miss nana masih tampak kecapekan, jingkrung saja dibalik selimut. bahkan ketika pegawai hotel datang menganter minuman sama sekali tidak terbangun. hadeeeeh bakalan gagal ni ke cetho nya, meski kemarin nanjak tawangmangu dengan snowwhite yang dibebani panierm dan tanpa memindah kan gear sampai karangpandan. hingga tawangmangu tenaga ku sepertinya masih ada untuk gowes lagi. ya sudah kuputuskan bila miss nana tidak mampu gowes hari ini, aku akan putar putar tawangmangu saja sendirian. toh kita bisa naik ojek atau kendaraan umum kalau pun miss nana masih mau ke cetho tanpa gowes karena kecapekan. maka kubangunkan miss nana, menawari apa dia mau tidur seharian dan aku akan gowes sendiri atau dia mau bangun dan memulai gowes. akhirnya dia pun bangun dan setuju untuk lanjut gowes.

kita pun sarapan sekitar pukul 8 dengan nasi goreng yang disediakan pihak hotel. setelah sarapan dan mandi kita packing barang yang akan dibawa untuk gowes ke cetho kali ini. kita tetap membawa panier untuk membawa bekal makanan, dan semua pakaian basah dan yang tidak perlu kita tinggal di hotel. sebelum gowes ternyata kita masih lapar, maka sekitar pukul 9 kita memutuskan untuk sarapan di warung yang terletak di dekat terminal. maka kita pun sarapan soto di warung bawah. ketika sarapan sekali lagi kita mencoba menanyakan jalur ke candi sukuh melalui jalan pintas pintu II grojogan sewu pada seorang bapak yang tengah sarapan. dia berasal dari karang anyar dan mengatakan pintu II grojogan sewu ada di atas. aku sempat bingung dan sedikit beragumen dengan miss nana, karena kemarin yang kulihat pintu II ada di bagian bawah dekat pasar tawangmangu. karena sama sama tidak tahu, kita pun memutuskan keatas mencari pintu II grojogan sewu. sambil mungkin bertanya pada orang yang ada. maka kita pun menyusuri kembali tanjakan tawang mangu. karena tawangmangu adalah area di bawah gunung lawu maka trek perjalanan kita ke atas adalah "MENANJAK" menapaki semua "TANJAKAN" yang ada tidak ada turunan hanya jalan landai yang menipu. tanjakan tertajam adalah tanjakan tinggi dengan tingkat kemiringan hampi 60derajat yaitu tanjakan dari pasar kearah hotel. setelah melewatiini ternyata jalan bukanlah landai tapi terus menanjak, so kita hanya bisa menanjak dan menanjak sampai akhirnya sekitar pukul 11 menemukan papan bertuliskan arah ke grojogan sewu. kita pun memasuki gang tersebut tapi sebelumnya kita bertanya pada ibu ibu arah jalan pintas ke candi sukuh lewat pintu II grojogan sewu. dan tidak mengherankan bahwa pintu II kata ibu tersebut terletak di bawah !! nah lho! ya sudah akhirnya kita memutuskan mampir dulu ke grojogan sewu dan kerana miss nana belum pernah ke grojogan sewu kita pun memutuskan untuk berwisata treking ke grojogan sewu. maka kita pun memarkir snow white dan pockie yang dibawa miss nana karena tanpa panier.

setelah parkir dan membeli tiket kita pun memasuki atau lebih tepatnya menyuri anak tangga demi anak tangga ke grojogan sewu. hingga tiba di grojogan sewu, memang pemandangan yang indah, dan karena saat itu juga bertepatan dengan libur akhir tahun banyak pengunjung lain yang memadati kawasan wisata tersebut. bahkan untuk spot photo saja harus antri :p kita tidak berlama lama dan tidak banyak menyusuri tempat di grojogan sewu karena harus ke area selanjutnya candi sukuh dan cetho. karena kulihat waktu sudah menujukan sekitar pukul 12 aku berkata pada miss nana jika kita lanjut sekarang pasti kita akan kemelaman di jalan karena rute ke cetho adalah tanjakan!! dan menempuh sekitar 60km dari grojogan sewu. setelah berpikir dan mencari yang terbaik, maka kita pun memutuskan untuk gowes ke sukuh dan cetho pada esok harinya. dengan catatan miss nana mau ku ajak ke cemoro sewu maupun camping ground yang terletak di atas. setelah sepakat kita pun kembali menyusuri anak tangga grojogan sewu demi anak tangga hingga akhirnya anak tangga ke 1250!! selamat!!
yang numpang narsis :-P

sampai di luar kita pun menyempatkan untuk membeli beberapa sovenir berupa baju dan batik. yup bagus panier akan bertambah. setelah membeli sovenir ternyata perut kita sudah lapar sudah pukul setengah satu. maka mengingat postingan anak anak seli solo yang gowes ke TW sebelumnya dan saran om desi untuk ke sop buntu bu UGi maka aku menawari untuk mampir ke Sop Buntu Bu Ugi sembari nanti kita menanjak ke atas. maka keluar dari grojogan sewu kita kembali menanjaki tanjakan tanjakan yang ada, sembari istirahat untuk memulihkan stamina miss nana yang bagaimanapun kemarin miss nana sudah gowes dari solo ke TW dan sekarang masih nanjak lagi. meski bagi ku tidak apa untuk segera terus, maka sembari miss nana istirahat aku pun selalu mencari spot untuk memasang kamera dan berphoto setelah beberapa tanjakan dan tanjakan kita pun sampai di warung Bu Ugi. kita pun menyantap makan siang kita sekitar pukul 1 lebih. warung cukup ramai tapi untung ada meja yang cukup untuk kita berdua, sehingga kita bisa langsung memesan, sop buntut untuk ku dan pecel untuk miss nana. tidak berapa lama hidangan pun datang dan kita pun menyantap makan siang kita. selesai makan siang kita pun istirahat dan ngobrol dulu untuk memberi kesempatan makanan yang kita santap turun dan nyaman berada di perut kita.

setelah selesai kita pun kembali melanjutkan perjalanan sekitar pukul 2 kita kembali mulai menggowes. dan setelah bertanya kepada tukang parkir camping ground terletak sekitar 1 km dari warung ambil jalan kekiri setelah jembatan. okay, well 1km ini bukanlah 1km biasa karena pasti akan penuh dengan tanjakan. sekitar pukul 2 lebih kita pun kembali melanjutkan perjalanan sampai tibalah di ujung jalan dengan persimpangan. kita mengambil jalan ke kiri begitu melihat masjid aku memutuskan untuk sholat dhuhur terlebih dahulu dan sekalian menunggu ashar. selanjutnya kita kembali melanjutkan perjalanan yang ternyata sudah tinggal beberapa ratus kilometer. dan tibalah kita di camping ground sekitar pukul setengah empat.

di camping ground tidak banyak pengunjung lainya bahkan berasa camping ground milik kita berdua. cukup sepi hari itu penjaga bilang akan mulai ramai di malam tahun baru. maka kita pun tidak bisa menikmati wahana yang ada, kita hanya duduk menikmati alam dan berjalan jalan sekitar camping ground atau bersepeda. waah seperti film india. tidak lupa bernarsis di depan kamera yang ada. setelah puas ternyata jam sudah menunjukan pukul 4 lebih. kita pun menunda niat untuk lanjut ke cemoro sewu karena pasti akan kemalaman dan besok kita harus ke candi sukuh dan cetho. maka kita pun memutus kan untuk pulang. perjalanan pulang ini tentu saja hanya berisi turunan, namun karena jalanan sempit kita harus pandai pandai bermanuver mencari celah di antara mobil mobil. perjalanan yang kita tempuh selama ber jam jam dalam perjalanan pulang hanya kita tempuh selama 15 menit. hebaaat!!
tidak lupa kita mampir di persimpangan jalan baru untuk "menikmati" jagung bakar dan pisang penyet.

tiba di hotel ternyata berita buruk menunggu, kamar yang kita sewa sudah di booking orang dan kita diminta pindah, mereka menawari kamar lain yang lebih kecil atau kita mau pindah!! pinter ini udah mau malem tahun baru kayak mudah cari hotel. dan yang lebih menyebalkan kamar berantakan oleh baju baju basah kita yang kehujanan. maka kita pun terpaksa pindah ke kamar yang lebih kecil di belakang. dengan hati kesal, kita mandi dan bersih bersih. tidak lupa kita mencari sarapan dengan turun kembali ke pasar. kali ni kita makan malam sate kambing. setelah makan dan membeli bekal untuk esok hari kita pun kembali ke hotel untuk istirahat.

TO be Continued ......

1. iki bloge sopo ya? kok gambare full gambarkuuuu???
    hahahahaha
    btw, fotonya perlu diedit tuh, agak dikecilin, terutama yang horisontal, jadi ga kegedean :)

1. yaaah resiko pergi dengan orang yang cuma hobi moto

ga usah di kecilin gede ga papa biar jelas

2. gilaaaaaaaaaaaaa ..
      total pageviews blog ini berkali-kali lipat lebih banyak dibandingkan blogku yang biking!