SLIDER

Monday, May 22, 2017

Viking BIking 2 Semarang


 
Viking Biking adalah salah satu kampanye bersepeda yang digagas oleh beberapa negara skandinavia melalui kedutaan besarnya di Indonesia, dengan menggandeng salah satu organisasi non profit yang giat mengkampanyekan kegiatan bersepeda yaitu Bike To Work.  Nhah untuk tujuan kampanye inilah, tugas bike to work menjembatani antara Kedutaan untuk bisa berdialog dengan jajaran pemerintah daerah yang tentu saja pemangku kewenang kebijakan pemerintahan yang dapat membantu kenayaman dan fasilitas bagi pesepeda. Dan tentu saja merupakan salah satu public figure yang tentu saja iklan berjalan jika para pejabatnya bersepeda tentu akan menggerakkan masyarakatnya juga. Sebenarnya kegiatan viking biking itu sendiri sudah diadakan semenjak tahun 2015 saat pak Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur jakarta dan kala itu ada 4 negara yaitu Denmark, Swedia, Norwegia dengan Indonesia. nhah seiring berjalan nya waktu memang beberapa negara mulai goyah. Namun ternyata Denmark masih terus konsisten untuk mengkampanyekan sepeda. Maka semenjak tahun 2017 inilah viking biking diantara Indonesia dan Denmark lah dimulai kembali, untuk pelaksanaan yang 1 yaitu di Jakarta tanggal 3 Mey 2017  nhah untuk Semarang Viking Biking yang ke2 akan dilaksanakan tanggal 17 Mei 2017.
 

Dan dikarenakan Semarang itu merupakan salah satu daerah yang jauh dari Jakarta, maka B2W Indonesia pun memberi sampur kepada B2W Semarang untuk menjembatani pelaksanaan Viking Biking di Semarang. Sungguh mengadakan kampanye ataupun event yang melibatkan jajaran pemerintahan apalagi duta besar dari Negera luar di daerah itu bukanlah hal yang mudah. Teman - teman dari B2W Semarang, jauh - jauh hari sudah harus bolak -balik berkoordinasi dengan ESP3 kedutaan besar Denmark di Semarang yang terletak di Bappeda. Setelah itu bebarap bulan juga harus rapat dan berkoordinasi kembali dengan berbagai pihak antara lain, dishub, kominfo, dinas umum, dll yang dipimpin dan dilaksanakan di Bapeda. Kemudian juga bebragi informasi dengan B2W Pusat dan kedutaan besar Denmark yang ada di Jakarta. Meskpun kalau di Jakarta pelaksanaany secara santai dan rileks, bagi pemerintahan daerah Duta Besar itu bukan tamu semabrangan. Sehingga beberapa protokoler harus tetap dihormati. Memang awal - awal terkesan a lot, namun akhirnya semua mengerti bahwa ini adalah murni kampanye bersepeda, meskipun melibatkan beberapa jajaran pemerintahan. 


Pak Budenk, Pak Budcam dan om Putut

Rombongan Dishub yang akan ikut bersepeda

Speda Dishub

Chritiania
Okay setelah koordinasi terakhir ini Jumat tanggal 12 Mei, mengatur ini itu, bagaimana ini itunya. So hari Selasa tanggal 16 Mei, para teman - teman B2W Pusat telah tiba di Semarang ada om Putut, Nte Ria, Om Nuge dan Om Bravo serta om Sugeng. Siang itu mereka segera mengadakan technical meeting bersama ESP3 di Bappeda. Kemudian sorenya kembali kita berkoodinasi bersama B2W Semarang dan Indonesia. dan suweeer deh, meskipun udah beberapa kali koordinasi, dan meeting ini itu. Ternyata pelaksanaanya tidak lah mudah. Udah H-1 saja, masih banyak koreksi dan tempat yang harus kita lakukan. Benar - benar terkadang bikin putus asa, eh beneran putus asa deh. Kita pun masih bekerja hingga malam hari mempersiapkan segala hal. 


rombongan VIP




Berfoto bareng

Dan pagi harinya pukul 4 pagi, teman - teman B2W sudah bersiap di Gubernuran, akupun menyusul, teman - teman sudah mulai menata mempersiapkan banner, dan juga 20 Sepeda yang dibawa disediakan untuk tamu VIP dan teman  - teman juga. Mendekati pukul 6 pagi, para jajaran SKPD dan juga pesepeda sudah mulai berdatangan. Hingga akhirnya waktu start tiba puku 06.30, Casper Duta Besar Denmar untuk Indonesia beserta staf telah tiba, mengecek sepeda yang mereka bawa dari Denmark, sepeda khas yang mirip becak, atau disebut Christiania. Pak Ganjar sang Gubernur Jawa Tengah pun telah tiba dan langsung menjadi sorotan banyak orang buat foto bareng bahkan bagi yang ga tahu si Casper adalah duta besar, dia pun disuruh motretin ha ha haha. 



Mr. Casper yang ramah dan Idola
Rombongan pun dilepas oleh pak ganjar, meyusuri rute yang telah disurvey sebelumnya, yaitu pahlawan, jl Ahmad Yaini, MT. Haryono, bubakan dan kota lama, di Gereja Blenduk kita berhenti sebentar, dan kita mendapat kesempatan untuk masuk melihat kedalam Gereja. Selanjutnya kita pun lanjut via polder tawang, dan rombongan kita mendapat sambutan dari orang - orang dijalan. Bisa dibilang kita beruntung dengan adanya protokoler daerah, yang mengatur lalu lintas di beberapa titik, juga para dishub yang ikut mengawal dengan sepeda mereka. Sehingga kita tidak terlalu disibukan menjadi marshal. Cukup mengawasi dari jauh saja dan fokus ke rombongan inti. Dari kota lama kita lanjut via jalan pemuda dan mampir kemabli ke Lawang Sewu. Bisa di tebak di setiap titik pemberhentian rombongan pak Ganjar dan Casper banyak menjadi rebutan buat foto. Untunglah sang duta besar Pak Casper sangat ramah untuk diajak foto - foto, terutama para cewek - cewek, FYI bagi kalangan cewek pak Ganjar dan Mr. Casper ini termasuk orang good looking. Alhamdulillah rombongan kembali tiba dengan selamat di Gubernuran, via jl. Pandanaran, Taman KB, dan masuk dari Pintu Samping. 


Para teman - teman rombongan, sebagian memang sudah lepas di jalan karena harus ke Kantor untuk Bekerja, yang bisa ikut hingga gubernuran, mereka di Jamu seadanya oleh teman - teman dinas umum dari protokoler bapeda. Untuk Mr. Casper dan Pak Ganjar, kembali melanjutkan acara di temani oleh Om Putut sebagai ketua Umum B2W Indonesia, membicarakan maslah kebijakan dan kampanya Sepeda di Semarang.
Mr. Casper yang tampaknya sangat senang, dengan antusias banyaknya pesepeda Semarang yang mengikuti Viking Biking di Semarang ini mengutarakan niatnya untuk mengadakan lagi di Semarang, hadeeeeeeeh. 

Konferensi Pers di Bantu pak Ian dari ESP3


membahas mengenai berbagai hal

oke saya nampang sedikit ya
Kita bersyukur, acara telah berjalan dengan lancar, meskipuk mungkin memang banyak kekurangan, usaha kita berbulan - bulan sebelumnya, rapat, meeting koordinasi, dan melek malam bangun pagi untuk event ini.  Terimakasih buat teman - teman dan segala pihak yang telah membantu terselenggaranya Viking Biking Di Semarang, ESP3 bu Astri, Mr. Ian, Bapeda dan jajaranya kominfo, dishub, Skpd , SKPD terkait dan tentu saja Pemrov jateng dan pemkot Semarng, tentu saja terimakasih kepada Kedutaan Besar Denmark yang aktif berperan serta dalam kampanye penggunaan transportasi ramah lingkungan yaitu sepeda, juga teman - teman dari B2W Indoneisa. Dan yang paling besar tentu para Pesepeda Kota Semarang yang masih aktif bersepeda dan ikut menghadiri kampanye ini, semoga semangat bersepeda tetap menyebar dan ada. Yaah bagi yang nyangkem seenaknya saja itu kan yang cuman mikir perut saja.  Sampai ketemu di Viking Biking Berikutnya 

0 comments:

Post a Comment