SLIDER

Sunday, February 28, 2016

Gowes "Pitulungan" Ultah 7 Tahun Jogja Folding Bike





Seingat saya pertama kali mengikuti mengenal komunitas Jogja Folding Bike itu adalah tahun 2010, saat itu ada event Jogja attack gowes dari Jogja ke Borobudur sejauh 45 km. waktu itu seingat saya bersama teman - teman komselis kita mengikuti event tersebut. Dan ternyata sekarang 6 tahun kemudian, Jogja Folding Bike ternyata sudah berusia yang ke-tujuh, betul di tahun 2016 ini Jojga folding bike merayakan ultah yang ketujuh.  Dan untuk merayakan ultah nya yang ketujuh temen - temen IDFB mengajak sahabat pecinta sepeda lipat dari berbagai kota  untuk gowes bareng ke pakem. Semula sih gowes dari bunderan UGM ke KOPI Klothok Pakem, jl. Kaliurang 16 namun karena banyaknya peserta yang mendaftar maka finish point diubah ke Wedangan Kampoeng, Jl. Kaliurang 12,5. 


Marshal pitulungan

ketua B2w Semarang Ketua JFB Mas totok dan Ketua baru JFB nte Dyah
Dan sepertinya baru kali ini saya ada kesempatan ikut gowes perayaan ultah temen - temen JFB :D, makasih ya kesempatannya. Gowes yang diadakan hari minggu tgl 21 Februari 2016 ini diikuti hampir 190 peserta dari berbagai komunitas ada Selisoloraya, Komselis, SelB, Ladies Bikeberry dll. Bahkan karena keterbatasan panitia maka harus membatasi jumlah peserta. Saya sendiri berangkat dari solo sabtu siang setelah menyelesaikan tugas negara, tiba di Jogja sore hari sambil menunggu soulmate saya yang berangkat dari semarang, saya menginap di hotel Limaran 2, sebelah panti rapih. Sekitar pukul 17.30 lebih miss nana sudah datang dan nyamperin saya di bunderan UGM, kemudian langsung kita menuju lekker Je untuk mengambil Poloshirt dari panitia. Malam ini ternyata kita tidak lanjut Night Ride seperti yang lain, justru memilih ngobrol panjang lebar di hotel bareng Radit temen federal Jogja yang disusul oleh Deny yang ikut nebeng istirahat. 


Esok harinya kita berkumpul di Bunderan UGM sekitar pukul 06.00, sambil menunggu peserta yang lain, kita melepas kangen bertemu dengan teman - teman yang sepertinya Cuma bisa ketemu kalau ada event sepedaan saja :D. setelah briefing dan pengarahan dari panitia kita mengikuti marshal masing - masing kelompok untuk menyusuri rute gowes pagi ini. Waduuh jangan ditanya rute nya ya, saya Cuma ngikut marshal :D, tapi yang jelas kita menyusuri Pakem, rute favorit sepedaan di Jogja terbukti dengan banyaknya  pesepeda lain yang berpapasan selama di jalan. Rute yang kita lewati memang asyik, jauh dari kendaraan bermotor juga mobil. Trek kali ini tentu khas pakem yaitu tanjakan halus. Di dominasi persawahan, rumah penduduk dan juga DAS (Daerah Aliran Sungai) yang tentu saja banyak spot buat foto - foto narsis. Ya tentu saja, karena dalam event ini ada lomba foto Instagram juga dengan berbagai hadiah menarik. Kita juga melewati Warung Ijo, ini nih warung nya para goweser Jogja yang suka pakeman (alias gowes susur pakem). Dari rute pakem kita tiba di Jl. Kaliurang Kilometer 17, kemudian trek di dominasi turunan karena kita langsung menyusuri Jl. Kaliurang menuju Jakal 12,5. 



rute nya asyik
Di kilometer 12,5 inilah acara utama perayaan ultah di adakan, diawali dengan sambutan oleh ketua panitia yaitu Imam TSJ, Ketua JFB lama yaitu Mas Totok, dan penyerahan jabatan kepada ketua JFB baru yaitu Tante Dyah Purwanti. Selain itu juga ada pemotongan Tumpeng yang unik karena terbuat dari Tiwul dan ubo rampe nya (P.s Tiwul nya enak). Dan tentu saja seperti event lainnya, acara pitulungan JFB kali ini juga penuh dengan pembagian doorprize. Dan kita mendapatkan sajian makan siang nasi Ayam bakar/Ikan Bakar plus sayur asem yang nendang enak pas Maknyus. 

i am sixteen and i am single

sambutan ketua lama Mas Totok

potong tumpeng Tiwul
Acara selesai sekitar pukul 12.00 siang kita kembali ke penginapan masing - masing. Saya dan miss nana memutuskan untuk mampir narsis di UGM, nhah saat menyusuri turunan Jakal nih kok kita terlena dan tergoda untuk lanjut selokan mataram ya .. Hmm hadeeeh .. So setelah nunut Narsis di UGM, maka kita pun lanjut gowes menyusurui Selokan mataram. 


selokan mataram



Dan tentu saja kalau udah susur selokan mataram hingga kalasan, rasanya nanggung kita pun lanjut gowes hingga Solo saja. Di tengah perjalanan, hujan deras ketika kita meninggalkan kota Klaten. Dan tanpa lampu penerangan kita gowes pelan - pelan saja. Hingga akhirnya kita tiba di solo sekita 7.40 an. 

Terimakasih buat teman - teman JFB yang memberi kita alasan dan kesempatan untuk gowes ke Jogja lagi, ditunggu gowes bareng nya lagi. Dan Selamat Ulang Tahun yang ke-tujuh Buat JFB semoga tetep rukun ya :D

0 comments:

Post a Comment