SLIDER

Friday, July 29, 2011

Joglosemar Launching Nanjak Kaliurang

JOglosemar Nanjak Kaliurang

setelah sukses dengan event JOgja Attack, JFB kembali menyelenggarakan event gowes bareng. kali ini terbatas untuk wilayah JOglosemar (JOgja Solo Semarang). dengan nama Joglosemar nanjak Kaliurang. event yang diadakan pada tanggal 27 Juli 2011 akan diikuti komunitas sepeda lipat di wilayah joglosemar yaitu JFB (joGja Folding Bike), Komselis (Komunitas Sepeda Lipat Semarang), dan @seli solo. rombongan komselis berangkat hari sabtu tanggal 26 Juli menggunakan mobil. maka seperti biasa aku akan berangkat dari solo menggunakan prameks.
begitu pula cipluk, cipluk yang juga mengikuti acara joglosemar ini lebih memilih berangkat dari solo dengan prameks. maka dari kudus dia naik bus ke semarang dan dan dari semarang naik bus patas jurusan solo. tiba di solo aku menjemput dia di kerten.setelah tiba dirumah, aku dan cipluk berputar putar sebentar di solo.kemudian kita menikmati es degan dekat rumah. sambil menikmati es degan kita menunggu luna yang akan berangkat ke jogja bersama kita. tidak berapa lama luna pun datang menyusul membawa motor dan sepeda nya.
maka kita pun kembali menuju rumah ku, setelah beristirahat dan packing kita pun segera menuju stasiun purwosari, untuk berangkat menggunakan prameks yang jam 3 menuju jogja.miss nana tidak bisa mengikuti event kali ini karena ada aqiqohan ponakanya.
untunglah meski agak rame sepeda kita tidak dikenai biaya tambahan. sampai di jogja kita turun di stasiun tugu, karena sengaja ingin menghabis kan waktu untuk berjalan jalan di malioboro mengjabiskan waktu hingga anggota komselis lain yang belum tiba. maka kita pun berjalan berkeliling malioboro sedang sepeda kita parkir di mall malioboro. setelah mendapat pemberitahuan bahwa teman teman lain telah tiba di penginapan. kita pun segera menuju penginapan.
di penginapan teman teman komselis lain telah berkumpul, icha dan da belum sampai karena mereka dari semarang naik motor dan sepeda mereka paket kan. setelah ngobrol beberapa lama, aku, luna cipluk dan om tayux berangkat menuju rumah mbak julay. karena kita nanti malam akan menginap di rumah mbak julay gratis ga perlu bayar penginapan. maka segera kita pun gowes menuju rumah mbak julay yang terletak dikali code. setelah bertanya kepada beberapa orang tibalah kita dirumah mbak julay sekitar pukul 7.30. dirumah mbak julay kita pun beristirahat sebentar, dan kemudian membantu memasak atau lebih tepat nya menghangatkan sayur rawon dan menggoreng tempe. setelah selesai dan bersih bersih maka kita pun makan malam dengan lauk pauk dan sayur yang telah disediakan. enaaak...
setelah makan kita pun melanjutkan isitirahat sambil menunggu kedatangan icha dan da. sekitar pukul 10 dan dan icha pun datang, mereka pun segera dijamu makan malam dan kita pun ikut nimbrung untuk makan malam selanjutnya. selesai makan kita pun bermalam dan tidur berjajar diruang tamu rumah mbak julay.
pagi hari kita pun bangun pagi karena harus bergantian kamar mandi, setelah mandi kita pun makan sarapan yang telah disediakan mbak julay yaitu opor. hadeeeh mengingat tragedi opor yang terjadi di jepara (perut mulas begitu makan opor) aku pun hanya makan dengan ayam nya, tapi ternyata ini tetap membuat tragedi. perut ku mulas, sehingga aku pun memboceng motor dengan icha menuju penginapan. dan teman teman akan menyusul di penginapan. di penginapan ternyata teman teman komselis sudah berangkat ke tempat kumpul. setelah melegakan perut dan berganti kaos, kita segera menyusul teman teman di bundaran UGM dimana semua peserta berkumpul. ada hampir sekitar 100 peserta yang mengikuti gowes ke kaliurang kali iini, ada 30an dari komselis, 30an dari @seli solo, dan dari JFB.

setelah peserta berkumpul, acara dimulai dengan doa dan pemberitahuan rute. maka kita pun mulai gowes, karena luna memakai quest maka sekali lagi kita bergantian sepeda, quest aku kendarai dan pockie dipakai luna. maka kita pun meninggalkan UGM menuju jalan kaliurang, di kaliurang kilometer 2 aku dan cipluk berhenti untuk memompakan quest, meski sempat berhenti lama dan tertinggal ternyata begitu kita gowes, kita bisa menyusul peserta yang ada di depan kita. kita pun menyusuri jalan kaliurang maka jalan yang ada hanya satu menanjak. tiba di UII jika kemarin aku dan miss nana menyusuri jalan kaliurang, maka rute kali ini setelah lampu traficlight UII kita berbelok ke kiri mengambil jalan pintas yang lebih ramah dari kendaraan bermotor. sekitar 1.5km kita tiba di pos pertama di sekitar UD kayu kalimantan. para peserta dipersilahkan beristirahat. aku kembali berkumpul dengan da, luna, dan icha. karena banyak yang tidak kita kenal dan kita tidak mau beristirahat terlalu lama, maka kita pun memutuskan berangkat menggowes kembali.
disini kita akan menggowes hanya dalam rombongan aku da luna icha dan cipluk menikmati gowes seperti biasanya. dari pos pertama, rute selanjutnya adalah menyusuri pakem.

(Aan peserta terkecil dari komselis)

karena tidak melewati jalan raya otomatis kita terbebas dari tanjakan panjang km 17 yang adalah awal tanjakan tajam di kilometer jalan raya kaliurang. selama menyusuri pakem, jalan halus dan tidak begitu lebar jarang mobil dan motor lewat kita mendapat pemandangan persawahan. tiba dijalan raya kita tidak kembali menyusur jalan kaliurang namun berbelok mengambil arah di museum merapi. arah dimuseum merapi ini jalanan menanjak tapi bukan masalah aku masih bisa menggowes quest tanpa perlu mengganti shift gear dan ditambah mendorong da.
kita pun kembali menyusuri jalanan. hingga tiba di pos kedua. kita bisa beristirahat dan mendapat vocer makan untuk nanti ditukarkan. setelah dari pos kedua kita kembali melanjutkan perjalanan, dari pos kedua tanjakan semakin banyak ditemui tapi masih belum seberapa jika dibandingkan melalui jalan raya. aku pun kadang berhenti untuk menunggu teman teman yang beristirahat. kita sih santai sntai saja menikmati pemandangan dan menikmati gowes. kadang aku menemukan beberapa peserta yang memang sengaja berhenti untuk isitrahat. sampai dijalan menuju museum merapi kita berhenti untuk berphoto photo. selanjutnya kita melanjutkan perjalanan kembali.

sampailah kita di gerbang pintu masuk wisata kaliurang, gerbang yang berbeda dari yang aku lewati karena kita menempuh jalur yang berbeda juga dengan miss nana, dari sini kita menemukan banyak sekali hotel.

dan tanjakan mulai lebih tinggi dari yang sebelumnya. dan kita pun melanjutkan perjalanan jalan tersebut tembus di tugu kalikuning yang ada papan peta kaliurang dari sini aku sudah hafal jalan menuju kaliurang setelah menunggu teman teman kita pun melanjutkan perjalanan, aku sempat mendorong da dan luna melewati tanjakan batu besar yang lumayan tajam seperti saat aku mendorong miss nana dulu. tiba dikaliurang sekitar pukul 13 kali ini kita tidak menuju tlogo putri. namun kita berhenti di suatu gedung yang terletak di kiri sbelum jalan menurun menuju tugu masuk tlogo putri. disinial event acara launching joglosemar akan diadakan.
maka sembari menunggu peserta lain, kita beristirahat dan menukarkan vocer makanan dengan box makan siang untuk menikmati makan siang. dan acara pun segera dimulai. acara sambutan dan launching komunitas sepeda lipat di joglosemar.

juga ada beberapa acara games yang memperebutkan hadiah. setelah acara selesai sekitar pukul 3 maka kita kembali kekota. peserta dapat loading atau gowes, aku lebih memilih gowes karena aku sudah tahu bahwa rute ke kota adalah turunan. da luna dan icha terpaksa loading karena sepeda icha mengalami kerusakan, maka karena luna loading, aku mengembalikan quest untuk di loading dan pockie aku pakai untuk gowes ke kota. kita termasuk kelompok yang terakhir karena harus menunggu mobil yang me loading luna dkk. aku cipluk dan om topo. ketika para peserta lain harus menanjak sampai atas untuk turun maka aku menyarankan cipluk dan om topo untuk turun lewat perkampungan di kalikuning saja karena tidak perlu melewati tanjakan. dan betul saja ketika kita tiba ditugu para peserta lain juga baru saja bermunculan.
maka kita pun menuruni jalanan kaliurang, karena ini yang kedua bagiku, aku sih santai santai saja. setelah tiba dijalanan UGM aku dan cipluk mampir membeli jus buah terlebih dahulu. setelah itu baru kita kembali ke penginapan.sekitar pukul 5 maka aku mengajak luna untuk kembali ke solo, dani yang kala itu bekerja di solo juga memutuskan untuk ikut rombongan ku ke solo, daripada dia harus kembali kesemarang dan besok nya ke solo lagi. maka kita pun segera gowes ke lempuyangan. tidak berapa lama prameks pun tiba. dan kita pun kembali ke solo, setelah sampai solo, luna pun segera pamit pulang sebelum dia kemalamam di jalan.
begitulah event kedua sejoglosemar yang kuikuti, sayang aku tidak bisa mengikuti event joglosemar yang diadakan komselis pada tanggal 3 juli karena aku berlibur di KJ. semoga akan ada event joglosemar lain yang bisa kuikuti